Main Article Content

Abstract

COVID-19 sudah melanda dunia sejak akhir tahun 2019. Jumlah kasus positif di berbagai negara terus meningkat dari waktu ke waktu dengan angka kematian yang tinggi. Pemerintah Indonesia kemudian mencoba menekan penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah (WFH). Universitas Bengkulu menetapkan peraturan bahwa proses belajar mengajar dilakukan secara online dan proses layanan kemahasiswaan pun juga dibatasi. Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas yang juga memberlakukan sistem pelayanan secara online bagi mahasiswa melalui komunikasi perpesanan (WhatsApp) kepada petugas fakultas yang yang bertugas. Sistem layanan online seperti ini memiliki keandalan yang rendah karena terbatas komunikasi dan gerak.

Oleh karena itu dikembangkan suatu sistem yang menangani layanan kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Bengkulu secara online menggunakan aplikasi berbasis web untuk layanan surat mahasiswa di bidang akademik dan kemahasiswaan. Melalui aplikasi ini layanan terhadap mahasiswa berlangsung secara normal dan efisien. Format surat menjadi konsisten dan tidak akan terdapat kesalahan penulisan (typo) yang umum terjadi jika proses pengetikan surat dilakukan secara manual. Melalui aplikasi ini diharapkan dapat mendukung pencegahan penyebaran wabah penyakit corona virus disease (Covid-19).

Article Details

Author Biographies

Muhammad Khairul Amri Rosa, Department of Electrical Engineering, University of Bengkulu

Program Studi Teknik Elektro

Helmizar Helmizar, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Elektro
How to Cite
Rosa, M. K. A., Helmizar, H., & Prasetyo, C. A. (2022). Sistem Layanan Online Akademik dan Kemahasiswaan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bengkulu Guna Menjaga Kualitas Layanan di Masa Pandemi Covid-19. Teknosia, 16(1), 51–59. https://doi.org/10.33369/teknosia.v16i1.21729

References

  1. Antoni, Herwan. (2021). Situasi Terkini Perkembangan COVID-10 Provinsi Bengkulu, 31 Desember 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. https://covid19.bengkuluprov.go.id/Databengkulu/filepdf/144
  2. Alfianti, H. dan A. Rismayana (2020). Sistem Administrasi Pelayanan Surat Mahasiswa Berbasis Web dan Mobile Android. Jurnal Infotekmesin Vol 11 No. 2, Juli 2020. p-ISSN: 2087-1627, e-ISSN: 2685-9858.
  3. Amira, F., C. Lau, H. Nazri, D. Ligot, G. Lee, C. Tan, M. Khursani, U. Hasanah, A. Abdullah, M. Chung, C. Ong, P. Chew, R. Salunga (2020), CoronaTracker: World-wide COVID-19 Outbreak Data Analysis and Prediction. World Health Organization.
  4. Assidiqi, M. dan W. Sumarini (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2020 Universitas Negeri Semarang. ISSN: 2686-6404
  5. Firman (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Bioma, Vol. 2. No. 1, Juni 2020 hal 14-20. P-ISSN: 2086-5481, E-ISSN: 2549-9890
  6. Fitriani, D., R. Waluyo, M. Wafa, M. Rafiudi, M. Novita (2020). Sistem Informasi Layanan Pengaduan UPT-TIK UPGRIS Berbasis Web. Prosiding Science and Engineering National Seminar. Universitas PGRI Semarang.
  7. Kusmiati, L. dan D. Rahadi (2020). Pengembangan kompetensi mahasiswa di masa pandemic Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB) Vol 33 No 2. Desember 2020. P-ISSN: 1858-3199, E-ISSN: 2622-8351.
  8. Melani, Y. (2019). Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design. Jurnal Sisfokom Vol. 8 No. 1 Maret 2019. P-ISSN : 2301-7988 E-ISSN : 2581-0588
  9. Supandi, Hery. (2020). Kasus Pertama di Bengkulu! Seorang Jamaah Tablig Positif Corona Meninggal. news.detik.com. https://news.detik.com/berita/d-4959382/kasus-pertama-di-bengkulu-seorang-jemaah-tablig-positif-corona-meninggal.
  10. Susilo, Adityo dkk. (2019). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, vol. 7, no. 1, p. 45-46.
  11. Widodo, J. (2020). Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Kementerian Sekretariat Negara, Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020.
  12. Yuliana. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Wellness and Healthy Magazine, vol. 2, no. 1, p. 187-192, ISSN 2656-0062.