Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan media pembelajaran interaktif Big Blue Button pada matakuliah Struktur Data ini merupakan suatu langkah inovatif dalam dunia pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dasar pada matakuliah Struktur Data. Penelitin ini berfokus pada perancangan dan pengembangan media pembelajaran berbasis Big Blue Button dengan berbagai fitur interaktif yang ada didalamnya. Tujuan utama dari penelitian ini untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung diskusi, interaktif, presentasi, dan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Metode penelitian yang dipergunakan mencakup analisis kebutuhan, perancangan antarmuka, pengembangan, dan uji coba. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Big Blue Button pada matakuliah Struktur Data dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan partisipasi mahasiswa, dan memudahkan akses ke materi pembelajaran. Selain itu, bagi institusi pendidikan dalam memanfaatkan teknologi web conferencing untuk memperkaya pengalaman pembelajaran mahasiswa. Harapannya penelitian ini berpotensi memberikan manfaat yang signifikan dalam pembelajaran jarak jauh terutama dalam konteks pembelajaran teknik pemrograman. Dengan menggunakan teknologi ini mahasiswa dapat memiliki pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif dalam memahami konsep struktur data.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Yuniana Cahyaningrum Cahyaningrum, Adam Hendrawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Cahdriyana, R. A., Anggoro, R. P., Nurnugroho, B. A., Ringroad, J., & Bantul, S. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS ANDROID merupakan penilaian berbasis komputer , yang termasuk pula di dalamnya penilaian. 5(3), 468–476.
- Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R., Hendrawan, A., & Nafi, N. (2023). Implementasi game based learning ( GBL ) monopoli digital ( MonDig ) dalam pembelajaran mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. 8(1), 70–74.
- Indah, N., Ikashaum, F., Wahyuni, S., & Dwi, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Presenter Berbasis HTML 5. 01(2), 59–64.
- Kusuma, A. B., Yusuf, A., & Hidayat, A. (2020). Implementasi Dan Analisis Server BigBlueButton Dalam Pemanfaatan Meeting Online Pada Masa Pandemic. 2(1), 27–40.
- Meilisa, R., & Pernanda, D. (2020). MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(p-ISSN: 1858-4543 e-ISSN: 2615-6091 MODEL), 571–577.
- Wulan, N. (2020). Perancangan Intelligent Tutoring System Sebagai Upaya Inovatif Pada Pembelajaran Algoritma dan Struktur Data. 6341(November), 34–42.
- Yulianjani, A., Jurusan, D., Informatika, T., Jurusan, D., Komputer, S., Jurusan, D., Informatika, M., Kuliah, M., & Lunak, P. (2019). PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR DATA. IT Journal, 4(2), 136–148.
- Yuniana Cahyaningrum, F. R. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DALAM BIDANG KECERDASAN BUATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW IN THE FIELD OF ARTIFICIAL. 2(3), 3–6.
Referensi
Cahdriyana, R. A., Anggoro, R. P., Nurnugroho, B. A., Ringroad, J., & Bantul, S. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS ANDROID merupakan penilaian berbasis komputer , yang termasuk pula di dalamnya penilaian. 5(3), 468–476.
Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R., Hendrawan, A., & Nafi, N. (2023). Implementasi game based learning ( GBL ) monopoli digital ( MonDig ) dalam pembelajaran mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. 8(1), 70–74.
Indah, N., Ikashaum, F., Wahyuni, S., & Dwi, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Presenter Berbasis HTML 5. 01(2), 59–64.
Kusuma, A. B., Yusuf, A., & Hidayat, A. (2020). Implementasi Dan Analisis Server BigBlueButton Dalam Pemanfaatan Meeting Online Pada Masa Pandemic. 2(1), 27–40.
Meilisa, R., & Pernanda, D. (2020). MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(p-ISSN: 1858-4543 e-ISSN: 2615-6091 MODEL), 571–577.
Wulan, N. (2020). Perancangan Intelligent Tutoring System Sebagai Upaya Inovatif Pada Pembelajaran Algoritma dan Struktur Data. 6341(November), 34–42.
Yulianjani, A., Jurusan, D., Informatika, T., Jurusan, D., Komputer, S., Jurusan, D., Informatika, M., Kuliah, M., & Lunak, P. (2019). PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR DATA. IT Journal, 4(2), 136–148.
Yuniana Cahyaningrum, F. R. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DALAM BIDANG KECERDASAN BUATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW IN THE FIELD OF ARTIFICIAL. 2(3), 3–6.