Isi Artikel Utama

Abstrak

Masjid adalah pusat pembinaan masyarakat, titik tolak masyarakat Islam, dan titik nol peradaban. Berdasarkan data Kementerian Agama melalui aplikasi SIMAS (Sistem Informasi Masjid), terdapat 242.832 masjid dan 269.076 mushola di Indonesia hingga tahun 2022. Namun, masjid dan mushola di Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan seperti masjid yang sepi dari aktivitas sholat maupun yang lainnya, serta pengelolaannya didominasi oleh orang-orang yang sudah berumur. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi manajemen multimasjid yang integratif, khusus untuk takmir agar dapat memanajemen masjid dengan baik serta menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan jamaah. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Hasil penelitian ini adalah dibuatnya desain aplikasi manajemen masjid bernama Kaffah, yang memiliki tujuh fitur utama yaitu, data jamaah, aktivitas jamaah, data petugas masjid, kalender, takmir, daftar event, dan data event. Fitur-fitur ini diharapkan dapat membantu takmir dalam memanajemen masjid dan mengelola data jamaah, sehingga masjid ramai dikunjungi dan dapat menjadi pusat kegiatan jamaah. Pengujian terhadap desain antarmuka aplikasi kaffah ini menunjukkan bahwa prototype yang dirancang berhasil membantu dan memenuhi kebutuhan takmir dalam memanajemen masjid.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
DESAIN UI/UX APLIKASI BERGERAK INTEGRATIF MANAJEMEN MULTIMASJID RAMAH TAKMIR MENGGUNAKAN METODE DESAIN THINKING. (2024). Teknosia, 18(2), 97–108. https://doi.org/10.33369/teknosia.v18i2.35890

Referensi

    Afghan Baihaqy, M., Santoso, N., & Arwan, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya berbasis Web. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 8090–8097. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id
    Baihaqi, F. Al. (2023). PERANCANGAN UI / UX BERBASIS ANDROID UNTUK MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN METODE DESIGN THINKING PERANCANGAN UI / UX BERBASIS ANDROID UNTUK MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN.
    Cahyanto, K. A., Sumarudin, A., Ghozali, A. L., Abdilah, D., & Amaliyah, A. (2020). Aplikasi Manajemen Masjid Nurul Muttaqien Desa Jatisawit Lor. Ikraith-Abdimas, 3(08), 97–101.
    Deshdeep, N. (2024). Mobile App Or Website? 10 Reasons Why Apps Are Better. Retrieved from https://vwo.com/blog/10-reasons-mobile-apps-are-better/
    Handayani, A. (2022). Psikologi Unissula Dorong Pemberdayaan Warung Umat. Retrieved from https://unissula.ac.id/psikologi-unissula-dorong-pemberdayaan-warung-umat/
    Haryono, K., & Miftakhurozak Budi Nugraha, R. (2019). Sistem Informasi Kegiatan dan Infak Masjid : Studi Kasus Masjid Ulil Albab UII Yogyakarta. Journal Portal - Universitas Islam Indonesia, 1(2), 2–8.
    Masjid 2.0, R. (2023). 3 Hari Bangun Masjid. Yogyakarta: Real Masjid PRESS.
    Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
    Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.35877/jetech532
    Wang, M. B. A., & Erandaru, E. (2022). Studi Perbandingan Teori Dan Praktek Perancangan Ui/Ux Saat Internship Di Atdawn. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121), 9.