Isi Artikel Utama
Abstrak
Masjid adalah pusat pembinaan masyarakat, titik tolak masyarakat Islam, dan titik nol peradaban. Berdasarkan data Kementerian Agama melalui aplikasi SIMAS (Sistem Informasi Masjid), terdapat 242.832 masjid dan 269.076 mushola di Indonesia hingga tahun 2022. Namun, masjid dan mushola di Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan seperti masjid yang sepi dari aktivitas sholat maupun yang lainnya, serta pengelolaannya didominasi oleh orang-orang yang sudah berumur. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi manajemen multimasjid yang integratif, khusus untuk takmir agar dapat memanajemen masjid dengan baik serta menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan jamaah. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Hasil penelitian ini adalah dibuatnya desain aplikasi manajemen masjid bernama Kaffah, yang memiliki tujuh fitur utama yaitu, data jamaah, aktivitas jamaah, data petugas masjid, kalender, takmir, daftar event, dan data event. Fitur-fitur ini diharapkan dapat membantu takmir dalam memanajemen masjid dan mengelola data jamaah, sehingga masjid ramai dikunjungi dan dapat menjadi pusat kegiatan jamaah. Pengujian terhadap desain antarmuka aplikasi kaffah ini menunjukkan bahwa prototype yang dirancang berhasil membantu dan memenuhi kebutuhan takmir dalam memanajemen masjid.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Siti Umi Nurhavizza Siti Umi Nurhavizza, Ari Sujarwo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Afghan Baihaqy, M., Santoso, N., & Arwan, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Masjid Raden Patah Universitas Brawijaya berbasis Web. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 8090–8097. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id
Baihaqi, F. Al. (2023). PERANCANGAN UI / UX BERBASIS ANDROID UNTUK MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN METODE DESIGN THINKING PERANCANGAN UI / UX BERBASIS ANDROID UNTUK MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN.
Cahyanto, K. A., Sumarudin, A., Ghozali, A. L., Abdilah, D., & Amaliyah, A. (2020). Aplikasi Manajemen Masjid Nurul Muttaqien Desa Jatisawit Lor. Ikraith-Abdimas, 3(08), 97–101.
Deshdeep, N. (2024). Mobile App Or Website? 10 Reasons Why Apps Are Better. Retrieved from https://vwo.com/blog/10-reasons-mobile-apps-are-better/
Handayani, A. (2022). Psikologi Unissula Dorong Pemberdayaan Warung Umat. Retrieved from https://unissula.ac.id/psikologi-unissula-dorong-pemberdayaan-warung-umat/
Haryono, K., & Miftakhurozak Budi Nugraha, R. (2019). Sistem Informasi Kegiatan dan Infak Masjid : Studi Kasus Masjid Ulil Albab UII Yogyakarta. Journal Portal - Universitas Islam Indonesia, 1(2), 2–8.
Masjid 2.0, R. (2023). 3 Hari Bangun Masjid. Yogyakarta: Real Masjid PRESS.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.35877/jetech532
Wang, M. B. A., & Erandaru, E. (2022). Studi Perbandingan Teori Dan Praktek Perancangan Ui/Ux Saat Internship Di Atdawn. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121), 9.
Referensi
Baihaqi, F. Al. (2023). PERANCANGAN UI / UX BERBASIS ANDROID UNTUK MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN METODE DESIGN THINKING PERANCANGAN UI / UX BERBASIS ANDROID UNTUK MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN.
Cahyanto, K. A., Sumarudin, A., Ghozali, A. L., Abdilah, D., & Amaliyah, A. (2020). Aplikasi Manajemen Masjid Nurul Muttaqien Desa Jatisawit Lor. Ikraith-Abdimas, 3(08), 97–101.
Deshdeep, N. (2024). Mobile App Or Website? 10 Reasons Why Apps Are Better. Retrieved from https://vwo.com/blog/10-reasons-mobile-apps-are-better/
Handayani, A. (2022). Psikologi Unissula Dorong Pemberdayaan Warung Umat. Retrieved from https://unissula.ac.id/psikologi-unissula-dorong-pemberdayaan-warung-umat/
Haryono, K., & Miftakhurozak Budi Nugraha, R. (2019). Sistem Informasi Kegiatan dan Infak Masjid : Studi Kasus Masjid Ulil Albab UII Yogyakarta. Journal Portal - Universitas Islam Indonesia, 1(2), 2–8.
Masjid 2.0, R. (2023). 3 Hari Bangun Masjid. Yogyakarta: Real Masjid PRESS.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.35877/jetech532
Wang, M. B. A., & Erandaru, E. (2022). Studi Perbandingan Teori Dan Praktek Perancangan Ui/Ux Saat Internship Di Atdawn. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121), 9.