Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa. Desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada tahun akademik 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung yang dilakukan selama proses belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran GI. Teknik analisis data diperoleh dari pengamatan aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, data yang diperoleh dari lembar observasi digambarkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ni bisa dilihat dari lembar kegiatan guru dan siswa
Kata kunci: Matematika, Aktivitas, Kooperatif, Group Investigation.
ABSTRACT
The objective of the study was to investigate the effectiveness of the implementation of Group Investigation (GI) type cooperative learning models to increase the activity of students' mathematics lessons. The design used was a classroom action research. The subjects were the students of grade IVB of SD Negeri 81 Kota Bengkulu in the academic year of 2017/2018. Data collection techniques used was direct observations which wased during the process of learning mathematics by using GI learning models. Data analysis techniques were obtained from observations of teacher activities and observations of student activities, the data obtained from the observation sheets were described. The results of the study concluded that the application of GI type cooperative learning model could increase student activity in mathematics learning. This can be seen from the teacher and student activity sheets.
Keywords: Mathematics, Activity, Cooperative, Group Investigation.
Article Details
Copyright (c) 2020 Desy Agustina, Hilda Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Abdulah, Ridwan Sani.2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
- A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers.
- Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Hadari Nawawi. 1991. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
- Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
- Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika Malang: UM Press
- Karso; 2004 , Pendidikan Matematika ; Jakarta : Universitas Terbuka
- Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
- Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika.
- Yogyakarta: Universitas Sanata
- Dharma Marpaung, Y.(2003). “Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika dari paradigma Mengajar ke Paradigma Belajar”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistik di USD, 27-28 Maret 2003.
- R. Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
- Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelalajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
- Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika.
- Slameto. 2015 Belajar Dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
- Slavin, Robert E (2005). Cooverative learning: theory, research and practice. London : allymand bacon Slavin, Robert E. (2009). CooperatifLearning: Teori, Riset, dan Praktik (Alih bahasa: Nurulita). Bandung: Nusa Media.
- Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000
- Sumantri. 2015. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama
- Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi 4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
- Udin S. Winaputra. 2001. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. Ke-1
- Usman, M.Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Wardani, I.G.A.K, Wilhardit, K. & Nasution, N. 2004. Penelitian Tindkaan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
- Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Winaputra
- Udin S. ,2001. Model pembelajaran inovatif. Jakarta: universitas terbuka
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdulah, Ridwan Sani.2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hadari Nawawi. 1991. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika Malang: UM Press
Karso; 2004 , Pendidikan Matematika ; Jakarta : Universitas Terbuka
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika.
Yogyakarta: Universitas Sanata
Dharma Marpaung, Y.(2003). “Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika dari paradigma Mengajar ke Paradigma Belajar”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistik di USD, 27-28 Maret 2003.
R. Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelalajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika.
Slameto. 2015 Belajar Dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert E (2005). Cooverative learning: theory, research and practice. London : allymand bacon Slavin, Robert E. (2009). CooperatifLearning: Teori, Riset, dan Praktik (Alih bahasa: Nurulita). Bandung: Nusa Media.
Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000
Sumantri. 2015. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi 4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Udin S. Winaputra. 2001. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. Ke-1
Usman, M.Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani, I.G.A.K, Wilhardit, K. & Nasution, N. 2004. Penelitian Tindkaan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Winaputra
Udin S. ,2001. Model pembelajaran inovatif. Jakarta: universitas terbuka