Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Tematik (PTK Pada Siswa Kelas II B SD Negeri 71 Kota Bengkulu).Subjek penelitian yaitu siswa kelas Siswa Kelas II B SD Negeri 71 Kota Bengkulu pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 dengan siswa berjumlah 36 orang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan observasi yang dilakukan aktivitas pembelajaran siswamenunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menggunakan puzzleyang tepat sangat berpotensi untuk menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna sehingga dapat mengembangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, (2) Media pembelajaran Puzzle yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa. Hal ini hal ini terlihat dari hasil observasi yang di dilakukan oleh 3 observer menunjukan bahwa pada pertemuan siklus 1 rata-rata hasil observasi adalah 41 yang masuk dalam kriteria cukup, kemudian pada pertemuan siklus ke 2 rata-rata hasil observasi mengalami peningkatan menjadi 46 yang masuk dalam kriteria baik.

 

Kata Kunci :Tematik, Aktivitas Siswa, Media Puzzle

Article Details

How to Cite
Sulistia, H., & Swistoro, E. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK pada siswa kelas II B SD Negeri 71 Kota Bengkulu). TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11117

References

  1. REFERENSI
  2. Aditam. Muslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Arikunto, Suhasimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. VI. Jakarta : Rineka Cipta
  4. Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  5. Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Khomsoh, Rosiana. Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar, Vol. 1, No. 2, Mei 2013. Diakses pada tanggal 2 Februari 2018 dari situs:http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpenelitian-pgsd/article/view/3119.
  9. Komaran, Endang. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesional Guru. Bandung: PT Revika
  10. Nielsen, Dianne Miller. 2008. Mengelola Kelas Untuk Guru TK. Jakarta: PT.Indeks
  11. Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.
  12. Suciaty al – azizy, A. 2010.Ragam Latiahan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jogjakarta: Diva Press.
  13. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya
  14. Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
  15. Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka.