Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model siklus belajar 5E untuk meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 semester dua berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif dari hasil observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa menggunakan skala skor, data yang telah diperoleh dari lembar observasi data diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) penerapan model siklus belajar 5E yang tepat untuk meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu dimulai dari kegiatan membuka pelajaran, kegiatan inti terdiri dari Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, And Evaluation, dan kegiatan menutup pelajaran; (2) model siklus belajar 5E dapat meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa. Hal ini terlihat dari analisis terhadap aktivitas guru pada pelajaran matematika yang menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 42 dengan kategori baik, kemudian meningkat rata-rata skor menjadi 50 dengan ketagori sangat baik pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 36,5 dengan kategori baik, kemudian meningkat rata-rata skor menjadi 47,4 dengan ketagori sangat baik pada siklus II.
Kata kunci: Matematika, Aktivitas, Model Siklus Belajar 5E
ABSTRACT
This study aims to determine the effectiveness of the application of the 5E learning cycle model to improve the activity of students' mathematics lessons. The type of research used in this study is classroom action research. The subjects of this study were students of VC SDN 71 Kota Bengkulu class year 2017/2018 semester two totaling 28 students. Data collection techniques used are qualitative data from observations of student activities. Data analysis techniques obtained from observations of student activities using a score scale, the data obtained from the observation sheet data were processed descriptively. The results of the study concluded that: (1) the application of the 5E learning cycle model is appropriate to improve the mathematics learning activities of students of SDN 71 Kota Bengkulu VC class starting from the lesson opening activities, the core activities consist of Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation, and activities close the lesson; (2) the 5E learning cycle model can improve students' mathematics learning activities. This can be seen from the analysis of the teacher's activities in mathematics which shows that in the first cycle, the average score is 42 in the good category, then the average score increases to 50 with a very good category in cycle II. Whereas student activity in cycle I obtained an average score of 36.5 with good category, then increased the average score to 47.4 with very good categories in cycle II.
Keywords: Mathematics, Activity, 5E Learning Cycle Model
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2020 Dewi Sinta, I Wayan Dharmayana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- DAFTAR PUSTAKA
- Aryadi, Wijaya. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu
- Asri, Budiningsih. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
- Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya
- Arikunto, Suharsimi, Suharjono. Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Ghufron, Anik. 2007. Panduan Penelitian dan pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan UNY
- Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Hamzah, Ali dan muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Karso. 2002. Pendekatan matematika I dan II. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
- Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
- Muhsetyo, gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarka: Bumi Aksara
- Noviantari, Putu Suarniti. 2015. Penerapan model pembelajaran Learning cycle “5E” Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa VIIIA SMP Negeri 3 Karangasem, Denpasar: UMD
- Prastiwi, Yunik Rida. 2011. Upaya Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pronojiwo 02 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Malang: UM
- Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
- Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
- Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Suherman, Erman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman. Suhendra. Sufyani Prabawanto. Nurjanah, Ade Rohayati. 2003. Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
- Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
- Ulya, Innarotul. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Pada Materi Pokok Bidang Datar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Nurul Islam Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
- UNIB, PGSD. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bengkulu: PGSD JIP FKIP UNIB
- Uno, B. Hamzah, Nurdin Mohammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
- Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:
- Bumi Aksara
- Widyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Aryadi, Wijaya. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu
Asri, Budiningsih. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi, Suharjono. Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ghufron, Anik. 2007. Panduan Penelitian dan pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan UNY
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah, Ali dan muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Karso. 2002. Pendekatan matematika I dan II. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhsetyo, gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarka: Bumi Aksara
Noviantari, Putu Suarniti. 2015. Penerapan model pembelajaran Learning cycle “5E” Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa VIIIA SMP Negeri 3 Karangasem, Denpasar: UMD
Prastiwi, Yunik Rida. 2011. Upaya Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pronojiwo 02 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Malang: UM
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suherman, Erman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman. Suhendra. Sufyani Prabawanto. Nurjanah, Ade Rohayati. 2003. Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Ulya, Innarotul. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Pada Materi Pokok Bidang Datar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Nurul Islam Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
UNIB, PGSD. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bengkulu: PGSD JIP FKIP UNIB
Uno, B. Hamzah, Nurdin Mohammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:
Bumi Aksara
Widyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar