Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan Disiplin Siswa dan Dukungan Keluarga terhadap Upaya Belajar Siswa di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. sampel penelitian ini berjumlah 112 siswa yang diambil secara acak dari seluruh kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Disiplin Siswa dan Dukungan keluarga terhadap Upaya Belajar siswa.Data dianalisis dengan menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanyahubunganyang signifikan antara variabel disiplin siswa dan dukungan keluarga terhadap upaya belajar siswadengan rxysebesar 0,076 dengan taraf signifikan sebesar 0,729 (p>0,05). Hal ini menunjukan bahwa tidak adanya hubungan antara disiplin siswadan dukungan keluarga terhadap upaya belajar Siswa.

 

Kata Kunci :Disiplin Siswa, Dukungan Keluarga, Upaya Belajar

Article Details

How to Cite
Sari, A. N., & Mishbahuddin, A. (2020). HUBUNGAN DISIPLIN DIRI DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP UPAYA BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 17(2). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i2.11119

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Dina Setianingsih, (2007).Perbedaan Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua. Skripsi Fakultas PsikologiUniversitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Hadi, Sutrisno. (2000).Statistik Jilid 2. Penerbit Andi.Yogyakarta.
  4. Nowo Tri Purnomo, (2016).Minat Belajar Siswa, Gaya Belajar Siswa, Dan Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Dengan Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Olahraga, Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.2 No.1.
  5. Nisa, (2016).Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam meningkatkan kedisiplinan Belajar Siswa, Universitas Indraprasta PGRI, SOSIO-E-KONS,Vol.8No.3.
  6. Nurcahyo &Widiyanti, Dkk, (2018).Pengaruh Self–Discipline dan Pengetahuan Teori secara Langsung dan Melalui Hasil Belajar Praktikum Pemesinan Terhadap Kesiapan Memasukidunia Kerja Siswa Smk, Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 41, No. 1
  7. Pratiwi. R. S & Muhsin (2018).Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga,Lingkungan Teman Sebaya, Dan Minat Belajar Terhadapdisiplin Belajar.Journal.Unnes.ISSN : 2442-3874 Vol.2.
  8. Ryan & Ade (2018).Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, DanMotivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.Journal.unnes.ac.idISSN : 2442-3874 Vol.2.
  9. Setyawati & Subowo (2018).Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Journal.Unnes.ISSN : 2442-3874 Vol.2 No.1.
  10. Sugiyono (2008). Metode penelitian pendidikan, Pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R & D. Bandung Alfabeta.
  11. Warsidi& Rochman (2009).Membangun Disiplin Dalam Mendidik, Cv Putra Setia.