Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten terhadap pemahaman peran gender siswa kelas X SMA Negeri 01 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas X IPA 2 yang memiliki pemahaman yang tinggi, sedang, dan rendah tentang peran gender. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman siswa terhadap peran gender meningkat setelah diberikan layanan penguasaan konten, hal ini terlihat dari mean pre-test = 22,3 dan mean post-test = 29,9 dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 7,5 sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap pemahaman peran gender siswa kelas X IPA 2 Negeri 01 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.
Kata kunci : layanan klasikal layanan penguasaan konten, pemahaman peran gender
ABSTRACT
The study aimed to find out the effect of content mastery service on the understanding gender roles of students at class X SMA N 01 Padang Jaya Bengkulu Utara. The method used in this study was experimental method with one group pretest and posttest design. The subject of this study were 26 students of class X IPA 2 with high, medium, and low category lever understanding gender roles. The data collection technique af this study were twst and interview. The result of this study showed that the student’s understanding gender roles was improved after content mastery is given, it was showed from the mean score of pretest was = 22,3 and mean posttest was = 29,9 with the average score increase 7,5, that there is the effect of content mastery service on the understanding gender roles of students at class X SMA N 01 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.
Keywords : classical service, content mastery service, understanding gender roles
Article Details
Copyright (c) 2020 Eka Fitri Rahayu, Syahriman Syahriman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Dimyanti & Mudjiono. (1999). Belajar
- dan pembelajaran. Jakarta: Rineka
- Cipta
- Emzir. (2015). Metodologi Penelitian
- Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Hurlock. (2003). Psikologi
- Perkembangan. Penerbit:Erlangga.
- Mandalis. (2008). Metode Penelitian:
- Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
- Prayitno. (2004). L1-L9. Padang:
- Universitas Negeri Padang.
- Santrock. (2007). Perkembangan
- Anak.Penerbit: Erlangga.
- Sekaran, Umar. (2000). Metode
- Penelitian Edisi Keempat.
- Jakarta: Salemba Empat.
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian
- Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
References
Daftar Pustaka
Dimyanti & Mudjiono. (1999). Belajar
dan pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian
Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hurlock. (2003). Psikologi
Perkembangan. Penerbit:Erlangga.
Mandalis. (2008). Metode Penelitian:
Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Prayitno. (2004). L1-L9. Padang:
Universitas Negeri Padang.
Santrock. (2007). Perkembangan
Anak.Penerbit: Erlangga.
Sekaran, Umar. (2000). Metode
Penelitian Edisi Keempat.
Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian
Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.