Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswi SMP Negeri 17 kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif, dimana bentuk datanya berupa deskripsi kuantitatif, dengan menggunakan statistik deskiptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala likert. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan sosial siswa baik menurut jenis kelamin, pendidikan orangtua, dan tempat tinggal ada pada kategori sedang. Hasil ini menyarankan bahwa keterampilan sosial siswa SMP Negeri 17 Kota Bengkulu perlu ditingkatkan.
Kata Kunci: Studi Deskriptif, ketrampilan sosial siswa.
DESCRIPTIVE STUDY OF SOCIAL SKILLS
OF STUDENTS OF STATE SMPN 17 CITIES BENGKULU CITY
ABSTRACT
This research ained to describe the social skills of students in the SMPN 17 cities of Bengkulu City. The research, were description study. Data collected by quessioner with scale. The sample used in this research is SMPN 17 Bengkulu city. Scale used in this research is likert scale. The results showed that the stedend social skill accordy to gender, perent educations level and student living were un moderent category. This study reconended to in student , social skill in SMP 17 Kota Bengkulu.
Article Details
Copyright (c) 2020 Mirani Mirani, Vira Afriyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Anwar, K. (2006). “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skils Education) Bandung Alfabeta
- Azwar, S. (1997).”Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan. Jakarta : Direktor Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktor Pendidikan Menengah Umum
- Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
- Lunandi, A. G, (1994). Komunikasi Mengenai Peningkatan Efektivitas Komunikasi Antara. Yogyakarta: Kanisius
- Mutadin Z. (2002) September Karakteristik Cara Belajar Individu. Tersedia di http:www.c.psikologi.com 20 September 2017
- Mutadin Z . (2006) Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Remaja: htm.diaskes 16 Oktober 2017
- Sugiono. (2011). Metode Penelitiian Bandung . CV Alfabeta
- Sukmadinata Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Bandung Rosdakarya
- Sunarti. (2014). “ Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri “ Yogyakarta Kaninsius
- Syamsu,Y & Juntika (2004). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Winkel , W.S dan Srb i Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institus
- Wiryanto, M. D (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia.
References
Daftar Pustaka
Anwar, K. (2006). “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skils Education) Bandung Alfabeta
Azwar, S. (1997).”Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan. Jakarta : Direktor Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktor Pendidikan Menengah Umum
Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Lunandi, A. G, (1994). Komunikasi Mengenai Peningkatan Efektivitas Komunikasi Antara. Yogyakarta: Kanisius
Mutadin Z. (2002) September Karakteristik Cara Belajar Individu. Tersedia di http:www.c.psikologi.com 20 September 2017
Mutadin Z . (2006) Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Remaja: htm.diaskes 16 Oktober 2017
Sugiono. (2011). Metode Penelitiian Bandung . CV Alfabeta
Sukmadinata Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Bandung Rosdakarya
Sunarti. (2014). “ Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri “ Yogyakarta Kaninsius
Syamsu,Y & Juntika (2004). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel , W.S dan Srb i Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institus
Wiryanto, M. D (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia.