Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran layanan konseling kelompok terhadap keterlibatan akademik siswa dengan self efficacy rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini sebanyak 11 siswa dari kelas X 4 dan X 5 SMA N 8 Kota Bengkulu yang memiliki keterlibatan akademik dan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan akademik dan self efficacy meningkat setelah pemberian layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan keterlibatan akademik,dengan nilai Z = -2,936, p < 0,05, dan perbedaan self efficacy dengan nilai Z = -2,720, p<0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara skor keterlibatan akademik dan self efficacy sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok.
Kata kunci: Keterlibatan akademik, self efficacy dan layanan konseling kelompok
Abstract: This study was aimed to describe the effect of group counseling treatment toward academic engagement of students with low self efficacy. The subject was 11 (eleven) students from class X4 and X5 of Senior High School with low academic engagement and self efficacy. Data was collected by using questionnaire. The result showed that academic engagement and self efficacy increasing after the group counseling treatment was applied, it was showed from the result owith Z score = -2.936, (p<0,05) between pre-test and post-test it was gotten the score of p = 0.003, it means p < 0.05 and the score of Z = -2.720, p<0,05. The results also showed that there is a significant influence between the score of academic involvement and self-efficacy before and after group counseling services.
Keywords: academic engagement, self efficacy and group counseling treatment
Article Details
Copyright (c) 2020 Yulis Heppy Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Anwar, K. (2006). “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skils Education) Bandung Alfabeta
- Azwar, S. (1997).”Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan. Jakarta : Direktor Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktor Pendidikan Menengah Umum
- Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
- Lunandi, A. G, (1994). Komunikasi Mengenai Peningkatan Efektivitas Komunikasi Antara. Yogyakarta: Kanisius
- Mutadin Z. (2002) September Karakteristik Cara Belajar Individu. Tersedia di http:www.c.psikologi.com 20 September 2017
- Mutadin Z . (2006) Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Remaja: htm.diaskes 16 Oktober 2017
- Sugiono. (2011). Metode Penelitiian Bandung . CV Alfabeta
- Sukmadinata Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Bandung Rosdakarya
- Sunarti. (2014). “ Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri “ Yogyakarta Kaninsius
- Syamsu,Y & Juntika (2004). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Winkel , W.S dan Srb i Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institus
- Wiryanto, M. D (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia
References
Daftar Pustaka
Anwar, K. (2006). “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skils Education) Bandung Alfabeta
Azwar, S. (1997).”Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan. Jakarta : Direktor Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktor Pendidikan Menengah Umum
Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Lunandi, A. G, (1994). Komunikasi Mengenai Peningkatan Efektivitas Komunikasi Antara. Yogyakarta: Kanisius
Mutadin Z. (2002) September Karakteristik Cara Belajar Individu. Tersedia di http:www.c.psikologi.com 20 September 2017
Mutadin Z . (2006) Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Remaja: htm.diaskes 16 Oktober 2017
Sugiono. (2011). Metode Penelitiian Bandung . CV Alfabeta
Sukmadinata Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Bandung Rosdakarya
Sunarti. (2014). “ Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri “ Yogyakarta Kaninsius
Syamsu,Y & Juntika (2004). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel , W.S dan Srb i Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institus
Wiryanto, M. D (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia