Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media bulletinboard untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa kelas IIIB SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data observasi penggunaan media bulletinboard dalam pembelajaran tematik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IIIB SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Hal ini dibuktikan dengan kreativitas dan pengelolaan kelas yang sesuai oleh guru sehingga siswa lebih aktif, semangat dan percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran, serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata persentase ketuntasan hasil observasi aktivitas guru yang meningkat dari 73 % pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Peningkatan rata-rata persentase ketuntasan hasil observasi aktivitas siswa yang juga meningkat dari 71% pada siklus 1 menjadi 86% pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media bulletinboard dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IIIB SD Negeri 01 Kota Bengkulu.
Kata kunci : media bulletinboard, aktivitas siswa,pembelajaran tematik.
ABSTRACT
This study aims to describe the use of bulletinboard media to improve the learning activities of class IIIB students of SD Negeri 01 Bengkulu City. The subjects of this study amounted to 36 people. Data collection techniques use methods of observation, interviews, documentation and field notes. Data collected in this study is observation data using bulletinboard media in thematic learning. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis and qualitative analysis. The results of this study indicate an increase in the activity of teachers and students in thematic learning in class IIIB SD Negeri 01 Bengkulu City. This is evidenced by the creativity and appropriate classroom management by the teacher so that students are more active, enthusiastic and confident in following the learning process, as well as indicated by the average percentage of completeness results observed by teacher activity which increased from 73% in the first cycle to 89% in cycle II. The increase in the average percentage of completeness results from observations of student activities which also increased from 71% in cycle 1 to 86% in cycle II. Thus, the use of bulletinboard media can improve the learning activities of class IIIB students of SD Negeri 01 Kota Bengkulu.
Keywords: bulletinboard media, student activities, thematic learning
Article Details
Copyright (c) 2020 Gita Sari Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Aunurrahman. 2013 Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
- Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Dimyanti, & Mudijono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan Paikem Jakarta: Bumi Aksara.
- Sardiman. A. M. 2007. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Sudirman, dkk. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
- Wardani, et. Al. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Aunurrahman. 2013 Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
Dimyanti, & Mudijono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan Paikem Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. A. M. 2007. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sudirman, dkk. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Uno, Hamzah B, dkk. 2012. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara
Wardani, et. Al. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka