Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kecanduan gadget dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas X Tata Busana di SMK Negeri 3 kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 106 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kecanduan gadget dan kuesioner prokrastinasi akademik. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecanduan gadget dengan prokrastinasi akademik dibuktikan dari rxy sebesar 0,715 pada taraf signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Jadi semakin rendah kecanduan gadget maka semakin rendah pula prokrastinasi akademik, sebaliknya semakin tinggi kecanduan gadgetnya maka prokrastinasi akademik akan semakin tinggi.

 

Kata kunci: kecanduan gadget, prokrastinasi akademik

 

CORRELATION BETWEEN ADDICTED  GADGETS AND ACADEMIC PROCRASTINATION

 

Abstract

This research aimed to describe the correlation between addicted  gadgets and academic procrastination of class Ten Tata Busana  at SMK  negeri 3 Kota Bengkulu The sample of this research was 106 students, taken by conducting random sampling technique. Questionnaire of addicted  gadgets and academic procrastination was used in this research as the instrument. The data were analyzed by using correlation of persons product moment. The result showed that there was significant correlation between addicted  gadgets with academic procrastination, rxy=0,715 at the level of signficant 0,000 ( p<0,05). This revealed that there was significant correlation between addicted gadgets and academic procrastination towards students. It meant the lower addicted  gadgets the lower academic procrastination, conversely the higher addicted gadget, the higher academic procrastination.

 

Key Word: addicted  gadgets, academic procrastination

Article Details

How to Cite
Muflihah, F., & Sholihah, A. (2020). HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GADGET DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK. TRIADIK, 18(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v18i1.11389

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
  3. Ghufron. (2014). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Junaidi, M. (2010). “Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis BEM di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya”.Skripsi.
  5. Rafi, A . (2012). “Hubungan antara Kecanduan Gadgetdengan Pola Asuh Orangtua Pada Siswa SMP Negeri 4Semarang. SkripsiUniversitas Diponegoro Semarang.
  6. Rizki, S. (2009). “Hubungan Prokrastinasi Akademis dan Kecurangan Akademis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara”.Skripsi.
  7. Wibowo, D. E. (2014). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. (Skripsitidak dipublikasikan).Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.
  8. Widyari, H. (2012). “Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP”.Jurnal Universitas Psikologi Gunadarma.
  9. Wijaya, T. (2013). “Studi Perbedaan Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Jenis Pendidikan Pada Siswa Setingkat SMA di Kayen Pati”. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
  10. Wyk, V. L. (2004). “The Relationship Between Procrastination And Stress In The Life Of The High School Teacher”.Thesis.University of Pretoria.