Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan karakter siswa setelah dilakukan pendidikan karakter oleh guru bidang studi di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu sebanyak 311 orang baik sebelum mendapatkan pendidikan karakter maupun setelah mendapatkan pendidikan karakter yang diberikan oleh guru bidang studi diambil menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan pedoman penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis dokumen dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasakan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan karakter siswa setelah dilakukan pendidikan karakter oleh guru bidang studi.
Kata kunci: Siswa, Pendidikan Karakter, Deskriptif
DESCRIPTION OF STUDENT CHARACTER IMPROVEMENT AFTER
CHARACTER EDUCATION DONE BY TEACHER OF STUDY FIELD
IN SMP NEGERI 4 BENGKULU CITY
ABSTRACT
The purpose of this research is to describe the improvement of the students character after the character education by the teacher of study in SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. The population in this study are all students of VII class in SMP Negeri 4 Kota Bengkulu as 311 students either before get character education and after get character education provided by the teacher field of study that taken by using total sampling technique. This research use evaluation research guidance with quantitative descriptive approach. Data collection techniques used in this study are document analysis and descriptive analysis. Based the results of research in general can be concluded that there is an increase of the students character after the character education by the teacher of study.
Keywords: Student, Character Education, Descriptive
Article Details
Copyright (c) 2020 Iqbal Al Jundi, Hadiwinarto Hadiwinarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Crafindo Persada.
- Isjoni. (2006). Dari Substansi ke Praksis. Yogyakarta: Pustaka Belajar
- Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
- Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdaharya.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Zuchdi, dkk. (2010). “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar”. Cakrawala Pendidikan, UNY
References
DAFTAR PUSTAKA
Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Crafindo Persada.
Isjoni. (2006). Dari Substansi ke Praksis. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Koesoema, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdaharya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Zuchdi, dkk. (2010). “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar”. Cakrawala Pendidikan, UNY