Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan pemahaman beretika siswa kepada guru dengan menggunakan teknik simulasi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji T-test (Paired Sample Test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap pemahaman beretika siswa kepada guru. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -21.265, nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (? 0,05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap peningkatan pemahaman beretika siswa dengan menggunakan teknik simulasi.

Article Details

How to Cite
Cahya, P. D., Syahirman, S., & Afriyati, V. (2021). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN BERETIKA SISWA KEPADA GURU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SIMULASI DI KELAS X TKI 1 SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 19(2), 26–33. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i2.16457

References

  1. Bhakti, C. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 94.
  2. Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 270.
  3. Gutara, MY, Rangka, IB & Prasetyaningtiyas, W. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 141.
  4. Prayitno. (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling. Universitas Negeri Padang.
  5. Purnama, I. (2015). Pengaruh Skema Kompensasi Denda terhadap Kinerja dengan Risk Preference sebagai Variabel Moderating (Studi Eksperimen pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi UNY dan Mahasiswa S2 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM). Jurnal Nominal, IV(1), 137.
  6. Putro KZ. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. E-Journal, 17(1), 26.
  7. Risdawati, J. (2017). Layanan Informasi Tentang Cara Beretika Sopan Santun Terhadap Guru Di Smk Negeri 1 Paringin. Jurnal Mahasiswa BK An Nur, 3(3), 10.
  8. Rosana, A. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Jurnal, 144.
  9. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
  10. Suryani, L. (2013). Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi yang Beretika pada Siswa di SMA Negeri 1 Gondang. Jurnal BK UNESA, 3(1).