Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat hubungan peran kontrol diri dan aktivitas penggunaan game online terhadap prokrastinasi akademik pada siswa MAN Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif Teknik korelasi. Subjek penelitian ini berjumlah 149 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket skala likert dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Korelasi Ganda. Hasil penelitian yaitu (1) Siswa memiliki prokrastinasi akademik yang sangat tinggi (2) Siswa memiliki intensitas penggunaan game online yang sangat tinggi (3) kontrol diri yang sangat rendah (4) Terdapat rhitung -0.629 dengan p=0.000 < ? 0.05 korelasi negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa (5) Terdapat rhitung 0.639 dengan p=0.000 < ? 0.05 korelasi positif yang signifikan antara aktivitas penggunaan game online dengan prokrastinasi akademik siswa (6) Hubungan yang signifikan yang negative antara kontrol diri dan aktivitas penggunaan game online dengan prokrastinasi akademik. Semakin rendah kontrol diri dan aktivitas penggunaan game online tinggi, semakin tinggi prokrastinasi akademik

Article Details

How to Cite
Viransi, P., Dharmayana, I. W., & Sholihah, A. (2021). Peran Kontrol Diri Dan Aktivitas Penggunaan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa MAN Bengkulu Utara. TRIADIK, 19(2), 34–39. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i2.16458

References

  1. Aprianti, K. D., Ini, S., Sebagai, D., Satu, S., Untuk, P., & Gelar, M. (2012). “Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta” Jounal.
  2. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (ed 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Darmadi, H. (2014). Dimensi-dimensi metode penelitian Pendidikan dan social (konsep dasar dan implementasi). Bandung: Alfabeta.
  4. Drajat E. K. (2017). “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta”. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 98. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1120
  5. Erizka, Martunis, Abu Bakar. (2019). “Korelasi Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend Dengan Keterampilan Sosial Siswa Man 3 Banda Aceh”. Skripsi Universitas Syiah Kuala. Vol. 4 No 3. Hal:62. file:///E:/SKRIPSI/reverensi%20bab%202/10118-28213-1-PB.pdf
  6. Ika W. T. & Najlatun. N. (2020). “Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Asertif dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 34 Surabaya”. Skripsi Universitas Negeri Surabaya. file:///E:/SKRIPSI/reverensi%20ba b%202/31632-37871-1-PB.pdf
  7. Julyanti, M., & Aisyah, S. (2015). “Hubungan Antara Kecanduan Internet Dengan Prokrastinasi Tugas Sekolah Pada Remaja Pengguna Warnet di Kecamatan Medan Kota”. Jurnal Diversita, Vol. 1(No. 2)
  8. Leilly P. R. (2018). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja SMP Negeri 27 Samarinda”. Skripsi Universitas Mulawarman. Vol 6. No 2: Hal:323. ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id file:///E:/SKRIPSI/reverensi%20bab%202/JURNAL%20LEILLY%20(08-28-18-09-44-52).pdf