Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas pertemanan dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perencanaan karier siswa di SMK Negeri 03 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 03 Kota Bengkulu, dengan sampel yang digunakan berjumlah 98 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan mengunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan tipe desain penelitian korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) adanya korelasi antara konformitas pertemanan dengan perencanaan karier siswa dengan nilai koefisien kontengensi korelasi sebesar 0,866 dengan nilai signifikan (p= 0,01 < 0,05) sehingga Ha diterima. (2) adanya korelasi antara status sosial ekonomi orangtua dengan perencanaan karier dengan nilai koefisien kontengensi korelasi sebesar 0, 386 dengan nilai signifikan (p = 0,046 < 0,05) sehingga Ha diterima.

Article Details

How to Cite
Wati, S. A., Elita, Y., & Herawati, A. (2021). HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS PERTEMANAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMK NEGERI 03 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i1.16459

References

  1. Abdulsyani. (2012). Sosiologi Skematik, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksar.
  2. Adekola, B. (2011). Career Management As Correlates for Career Development and Job Satisfaction a Case Study of Nigerian Bank Employees. Australian Journal of Business and Management …, 1(2), 100–112. http://www.ajbmr.com/articlepdf/ajbmr_v01n02_07.pdf
  3. Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan. PT Refika Aditama.
  4. Azwar, S. (2012). Relibilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
  5. Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Novitasari, A. D. (2015). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Orang Tua dengan Perencanaan Kar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2015. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
  7. Nuraeni, Y. &. (2017). Statistika Penelitian. Innosain.
  8. Rahmayanthi, R. (2017). Konformitas Teman Sebaya dalam Perspektif Multikultural. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(1), 71–81. https://doi.org/10.17509/jomsign.v1i1.6052
  9. Santrock J. W. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
  10. Setyo, D. U., Bambang, W. A., S. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–10.
  11. Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistika Pendidikan. Rajawali Pers.
  12. Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2017). Perencanaan Karier Siswa Di Sma Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi, Jenis Kelamin, Dan Jurusan. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n1.p8-14
  13. Sutrino, B. (2013). Perencanaan karir siswa smk. Varia Pendidikan, 25(1), 1–14.
  14. Vatnawati, S. (2019). Hubungan Konformitas Siswa dengan Pengambilan Keputusan Karier. Jurnal. 6 (1), 57
  15. Witko, K., Bernes, K. B., Magnusson, K., & Bardick, A. D. (2005). Senior high school career planning: What students want. Journal of Educational Enquiry, 6(1), 34–49.