Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik problem solving terhadap kecemasan dalam menyusun skripsi pada mahasiswa FKIP UNIB. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 6 orang yang mengalami kecemasan tinggi berasal dari mahasiswa FKIP UNIB. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner (angket) dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji T (paired sample test). Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment 115,67 dalam kategori tinggi dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 78,17 dalam kategori sedang. Hasil Uji T menunjukkan nilai t= 12.500 dan sig(2-tailed) 0.000 artinya 0.000<0.05, sehingga Hditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan mahasiswa dalam menyusun skripsi sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik problem solving. 

Article Details

How to Cite
Putri, R. A. K. E., Elita, Y., & Sholihah, A. (2021). PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA FKIP UNIB. TRIADIK, 19(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i1.16461

References

  1. Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (ed.2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Faruqi, A. (2013). Hubungan antara Kecemasan dengan Prokratinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Doctoral Dissertation.
  3. Hartoni, M. T. (2016). Kecemasan Bimbingan Skripsi dan Problem Solving pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.
  4. Intan, I. dan Radjah, C.L. Penyusunan Program dan Pelaksanaan Asesmen Bimbingan dan Konseling Komprehensif .Malang:Winkel Media.
  5. Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitascokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal, 5(2), 91–103. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120
  6. Nevid, J.S., Rathus, S.A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga
  7. Puspitasari, R.T. (2013). Adversity quotient dengan kecemasan mengerjakan skripsi pada mahasiswa. Cognicia,1(2).
  8. Rizkiyati, R. B. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Iain Purwokerto Angkatan 2015 (Doctoral dissertation, IAIN).
  9. Setiawan. (2018). Model Konseling Kelompok Teknik Problem Solving. Palangkaraya: Budi Utomo
  10. Smith, M. Bin. (2011). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan ISSN 1410-220X, Vol 8(No 1), 22–32.
  11. Thahir, A, dan Rizkiyani, D. (2017). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (Rebt) Dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas Viii Smp Gajah Mada Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 03(1), 259–267.
  12. Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada