Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk diskripsi peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah pembentukan karakter bertanggung jawab belajar pada siswa dengan populasi yang terdiri dari 166 siswa, 117 siswa menjadi sampel dari penelitian ini Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang mewakili lima fungsi BK yaitu pemahaman, pencegahan, penyelesaian, pengentasan, dan pengembangan. Metode analisis data menggunakan rumus skala Likert. Hasil penelitian yang dilakukan, untuk pemahaman diperoleh hasil 76,92%. Artinya sudah cukup baik. Selanjutnya, pencegahan diperoleh nilai  83,76% yang berarti guru BK baik. Lalu fungsi pengentasan diperoleh nilai 83,76%.Pada pemeliharaan, diperoleh nilai 78,63% yang menunjukkan bahwa guru BK sudah baik melakukan penyelesaian tentang masalah bertanggung jawab belajar.Terakhir, pengembangan dimana diperoleh nilai 78,63% baik.

Article Details

How to Cite
Laila, R. D. M., Hadiwinarto, H., & Misbahuddin, A. (2021). DESKRIPSI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 19(1), 27–33. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i1.16462

References

  1. Danim, Sudarwan. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. jurnal.ensiklopediaku, 5 (1), hal 6.
  2. Jemi, D F. (2019). Deskripsi Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Masalah Kedisplinan Melalui Fungsi BK Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Fokus Konseling, 3 (1), hal 298-299.
  3. Luthfis, (2008). Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Fokus Konseling, 4 (1), hal 3-5.
  4. Riduwan. (2010). Metode dan teknik menyusun proposal Penelitian. Bandung: Alfabet.
  5. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia
  6. Sardiman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jurnal Psikologi Psibernetika, 10 (1), hal 51-52.
  7. Sani. (2016). Ragam Pengembangan dan Model Pembelajaran. Jurnal komunikasi pengembangan. 12 (1), hal 36-37.
  8. Suryadi (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Nasional, 3 (2).
  9. Umami, I. (2015). Keterampilan belajar Sebagai Komponen Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmu Pendidikan Psikologi, Bimbingan dan Konseling. 5 (1), hal 6.
  10. Walgitan Bayu (1994). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Jurnal Fokus Konseling, 4 (1), hal 3-5.