Main Article Content

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman siswa mengenai arah pilihan karier. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media ICT untuk meningkatkan pemahaman arah pilihan karier siswa.Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group, pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Prosedur pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakanuji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman arah pilihan karier siswa meningkat setelah diberikan layanan informasi dengan media ICT.Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan pre-test dan post-test dengan nilai thitung= 24,254 >ttabel= 2,733 dan signifikasi 0,000 (p<0,05), sehingga hipotesis ( ditolak dan ) diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman arah pilihan karier siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media ICT.

Article Details

How to Cite
Ariani, R. D., Syahriman, S., & Afriyati, V. (2021). PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ARAH PILIHAN KARIER SISWA KELAS X IPS SMAN 4 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 19(1), 34–42. https://doi.org/10.33369/triadik.v19i1.16463

References

  1. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
  2. Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Perencanaan Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Konselor, 6(2), 74. https://doi.org/10.24036/02017627578-0-00
  3. Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir Dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui. Konselor, 2(1), 310–316. https://doi.org/10.24036/02013211266-0-00
  4. Hasanah, M., Denok, S. (2014). Penerapan Layanan Informasi Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Terhadap Masa Depan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Lamongan. Jurnal BK UNESA. 4(3), 1–10.
  5. Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang. 1(1), 1–10
  6. Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling, 1(1), 1–23.
  7. Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.111
  8. Pemerintah Indonesia. (2006). Undang-Undang Republik Indoenesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun 2003 No.20. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
  9. Pranoto, H., Wibowo, A., & Atieka, N. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Mahasiswa Prodi BK Mengunakan Media ICT (Information and Communications Technology) Basis Social Media. Jurnal Mikrotik, 7(2), 14–24.
  10. Zulkaida, A., Kurniati, N. M. T., Retnaningsih, Muluk, H., & Rifameutia, T. (2007). Pengaruh Locus of Control Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil), 2, 21–22