Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kejenuhan belajar yang mengakibatkan masalah untuk siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan ekperimen dengan one-group pretest-posttest design. Siswa kelas XI MIPA F berjumlah 35 orang sebagai populasi dengan teknik purposive sampling diambil sampel 6 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisoner skala Likert. Analisis data menggunakan Uji T (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan kejenuhan belajar siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik self-talk sebagai perlakuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai T = 11.400 dan sig (2-tailed) 0.000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self-talk terhadap kejenuhan (burnout) belajar siswa XI MIPA F di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Nopriani, U., Syahriman, S., & Herawati, A. A. (2021). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK TERHADAP KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR SISWA XI MIPA F DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 20(1), 10–19. https://doi.org/10.33369/triadik.v20i1.16465

References

  1. Anggreini, C., Daharnis, D., & Karneli, Y. (2019). The Effectiveness of Group Rational Emotive Behavior Therapy to Reduce Student Learning Burnout. International Journal of Research in Counseling and Education, 3(2), 109. https://doi.org/10.24036/00103za0002
  2. Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.931
  3. Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
  4. Erford, B. T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  5. Fatmawati. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik (Pada Siswa-siswi Full Day School di SMPN 2 Samarinda). Psikoborneo, 6(4), 712.
  6. Hasnida, N. L. L. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana
  7. Khaira, N. A. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Pencerahan, 4(1), 13–30.
  8. Magrur, R. Y., Siregar, N. R., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 117–124. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10496
  9. Murtana, A. (2014). Hubungan Antara Hargga Diri Dan Interaksi Teman Sebaya Dengan Stres Belajar. 1–20. http://eprints.ums.ac.id/39224/
  10. Ningsih, F. (2016). Efektifitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 7 Tahun Ke-5, 7(5), 50–59.
  11. Sholawati, S. A. (2016). Pengaruh Teknik Jigsaw Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa SMP Islam Ngoro Jombang. Undergraduate Thesis, 1 –28. http://digilib.uinsby.ac.id/13182/
  12. Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers
  13. Wahyuni, E. D. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Tingkat Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Jurusan Pgsd Di Universitas Islam Balitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.30957/konstruk.v10i2.509
  14. Wardani, L. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo. Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 1-4. https://stkiprokania.ac.id/e-jurnal/index.php/IJOBE/article/view/205