Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pembelajaran online mata pelajaran Olahraga pada masa pandemi Covid-19, untuk mengetahui apakah berpengaruh terhadap hasil proses pembelajaran atau tidak berpengaruh sama sekali. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan interview. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa SD di Kota Medan. Siswa diberikan angket tentang proses pembelajaran dalam penelitian ini, yang meliputi tiga indikator yaitu perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. Selanjutnya dilakukan sesi interview untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang pengalaman belajar siswa selama masa pandemi. Berdasarkan jawaban angket, sebanyak 40% siswa setuju dan 13% siswa tidak setuju dengan rencana pembelajaran online. Selanjutnya, sebanyak 33% siswa setuju dan 20% tidak setuju terhadap proses pelaksanaan pembelajaran tersebut. Dan sebanyak 53% siswa setuju pada tahap evaluasi proses pelaksanaan pembelajaran. Mayoritas siswa mengatakan bahwa model pembelajaran daring pada Pendidikan Olahraga tidaklah berbeda dengan pembelajaran tatap muka, nilai yang mereka peroleh pun sesuai dengan kemampuan mereka, dan mereka yakin bahwa metode ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi era penularan Covid-19.

Article Details

How to Cite
Endriani, D., Gultom, S., & Daulay, B. (2022). PENGALAMAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA SELAMA PANDEMI. TRIADIK, 20(2), 62–69. https://doi.org/10.33369/triadik.v20i2.20495

References

  1. Fahrizqi, E. B., Agus, R. M., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2021). The Learning Motivation and Physical Fitness of University Students During the Implementation of the New Normal Covid-19 Pandemic. JUARA: Jurnal Olahraga, 6(1), 88-100.
  2. Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat kecemasan seseorang terhadap pemberlakuan new normal dan pengetahuan terhadap imunitas tubuh. Sport Science and Education Journal, 1(2).
  3. Johns Hopkins University & Medicine, Coronavirus Resource Center. (Accessed January 22, 2022, at https://coronavirus.jhu.edu/map.html
  4. Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).
  5. Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun. SPORT-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(01), 54-66.
  6. Oh, J., Lee, J.-K., Schwarz, D., Ratcliffe, H. L., Markuns, J. F., & Hirschhorn, L. R. (2020). National response to COVID-19 in the Republic of Korea and lessons learned for other countries. Health Systems & Reform, 6(1), e-1753464. https://doi.org/10.1080/23288604.2020.1753464
  7. Sawitri, Y. M. (2020, April 1). 10 Cara Simpel Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid-19. Liputan6. https://www.liputan6.com/bola/read/4216316/10-cara-simpel-mencegah-penyebaran-virus-corona-covid-19
  8. World Health Organization. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 51 (Accessed January 22, 2022, https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331475/nCoVsitrep11Mar2020-eng.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  9. Wu, Z., & McGoogan, J. M. (2020). Characteristics of and important lessons from the coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak in China: Summary of a report of 72 314 cases from the Chinese Center for Disease Control and Prevention. JAMA, 323(13), 1239.