Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis kesalahan mahasiswa dalam menjawab soal tes jumlah Riemann.  Metode penelitian  adalah penelitian ex post facto. Analisis kesalahan menggunakan panduan Soejadi. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas A semester 3 Prodi Matematika, FKIP UNIB TA  2018/2019 yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian adalah lembar  tes. Hasil penelitian adalah: Soal 1) jawaban : benar = 57,8 %;  salah = 42,1 %, = 0 %;  Soal 2). Jawaban:  benar =.26,3%;  =5,2 %, salah = 68,4 %; Soal 3). Jawaban:  benar = 60,5 %;   = 10,5 %, salah =28,9 %;    Soal 4). Jawaban:  benar = 60,5% ;   = 13,1 %; salah = 26,3%. Jenis kesalahan: soal no 1) 31,3 %   fakta; 68,8 % prinsip. Soal no 2) 19,2 % Fakta, 76,9% operasi; soal no 3) 100 % operasi; soal no 4) 100 % salah operasi.

Article Details

How to Cite
H, H. (2021). INTEGRAL TENTU SEBAGAI JUMLAH RIEMANN DAN ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TES. TRIADIK, 20(2), 79–94. https://doi.org/10.33369/triadik.v20i2.20929

References

  1. Arnawa.( 2009). Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam memvalidasi Bukti
  2. pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarka Teori APOS. Padang:
  3. FMIPA.UNAND. http://jms.fmipa.itb.ac.id/jms/article/viewFile/238/248
  4. Doering, A., & Veletsianos, G. (2007). ”Multi-Scaffolding Learning Environment: an analysis of scaffolding and its impact on cognitive load and problem-solving ability”, in Journal of Educational Computing Research, 37(2), 2007, p.107-129.
  5. Harsono, (2008). “Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia” in Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia Vol.3 No.1 , Maret 2008
  6. Imelda Hendriani Eku Rimo (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP- UNDANA Dalam Memahami Materi Volume Benda Putar. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/mipa ISSN 2337-9421 (cetak) / ISSN 2581-1290 (online). http://dx.doi.org/10.25139/smj.v6i2.1155
  7. Buku
  8. Abidin, Yunus (2016) Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013.
  9. Cetakan Ketiga. Refika Aditama. Bandung
  10. Dimiyati dan Mudjiono ( 1994) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral
  11. Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Hanifah. (2018). Buku Ajar Kalkulus Berbasis Model APOS Berbantuan Maple. FKIP UNIB
  13. Press
  14. Hanifah. (2016) Model APOS Inovasi Pada Pembelajaran Matematika. FKIP UNIB Press.
  15. Martono (1999). Kalkulus. Bandung: Erlangga.
  16. Soedjadi ( 2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Konstantasi Keadaan Masa Kini
  17. Menuju harapan Masa Depan. Jakarta. DekDikBud
  18. Sugiyono ( 2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
  19. Varberg, Purcell, Rigdon (2010). Kalkulus. Edisi 9. Bandung. Erlangga
  20. Prosiding
  21. Hanifah, & Irsal (2017). Collage Students’ Errors In Solving Volumes Of Solids Of Revolution Problems And The Scaffolding Given In Model Apos Learning. Conference Proceeding BICSE – 2017, ISBN : 978-602-8043-84-7
  22. Internet
  23. Dubinsky & McDonald. (2001). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research
  24. Suryadi. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik1. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di UNP , 9 Oktober 2010 http://didi suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/MENCIPTAKAN-PROSES-BELAJAR-AKTIF.pdf
  25. Disertasi
  26. Hanifah. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Disertasi. Pascasarjana UNP. Tidak dipublikasikan. Bengkulu.