Main Article Content
Abstract
Tujuan penulisan ini untuk menggambarkan pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaran pelajaran di masa pandemic covid 19 secara online yang berfokus pada deskripsi tentang bagaimana media pembelajaran Facebook dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penulisan ini merupakan kajian terhadap berbagai sumber terkait pembelajaran melalui Facebook. Kesimpulannya guru Bahasa Inggris dapat menggunakan media Facebook sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris di kelas online.
Article Details
Copyright (c) 2021 Yulita Minha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arsyad Azwar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Bicen, H., & Uzunboylu, H. (2013). The Use of Social Networking Sites in Education : A Case Study of Facebook, Journal of Universal Computer Science, 19(5), 658–671.
- Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The Benefits Of Facebook "Friends:" Social Capital And College Students' Use Of Online Social Network Sites. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(4), 1143–1168
- Euis Meinawati1; Rifari Baron2, (2019 ), Media Sosial dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan Facebook Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, J U R N A L T A T S Q I F P ISSN: 1829-5940 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan E ISSN: 2503-4510 Volume 17, No. 1, Juni 2019,
- Facebook, Inc. (2012). Facebook. Adopted from www.wikipedia.com
- Hamalik, Oemar. 1996. Media Pendidikan. Bandung : PT Citra Aditys Bakti.
- Kabilan, et al. (2010). Facebook: An Online Environment for Learning of English in Institutions of Higher Education? Journal of Research on Internet and Higher Education 13
- Kho, M. G., & Chuah, K.-M. (2012). Encouraging ESL Discourse Exchanges via Facebook : A Study on Engineering Students Centre for Language Studies. INNOCONF2012-PPR-18, 34, 44–48.
- Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Nomor 04/KB/2020, Nomor 737 Tahun 2020, Nomor HK.01.08/Menkes/7093/2020, Nomor 420-3987 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
- Kwan, et al. (2008). Enhancing Learning through Technology: Research on EmergingTechnologies and Pedagogies. London: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.
- Mislaiha ( 2015) Using Facebook in Teaching and Learning English, Pusat Pengajian Persediaan & Am, Terengganu Advance Technical Institute University College, Kemaman, Terengganu, Malaysia https://icsai.org/procarch/2icllce/2icllce-92.pdf diunduh tgl 23 Juli 2021
- Nurmy AR (2017). Jurnal Pemikiran Pendidikan Pemikiran IslamVol 11, No 1 (2017)
- Wang, Chang-hwa and, Chen, Cheng-ping. 2013. Effects of Facebook Tutoring on Learning English as a Second Langauge. Retrieved from :https://eric.ed.gov/?id=ED562299 diunduh tangal 20 Agustus 2021
- Wang, J.C., & Chang, C.H. (2013). How daring social ties and product-related risks influence purchase intentions: A Facebook experiment. Electronic Commerce Research and Applications, 12(5), 337-346, doi: 10.1016/j.elerap.2013.03.003.
- Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
- Wikipedia. 2008. Facebook. Tersedia di http://id.wikipedia.org/wi ki/ Facebook.
References
Arsyad Azwar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bicen, H., & Uzunboylu, H. (2013). The Use of Social Networking Sites in Education : A Case Study of Facebook, Journal of Universal Computer Science, 19(5), 658–671.
Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The Benefits Of Facebook "Friends:" Social Capital And College Students' Use Of Online Social Network Sites. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(4), 1143–1168
Euis Meinawati1; Rifari Baron2, (2019 ), Media Sosial dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan Facebook Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris, J U R N A L T A T S Q I F P ISSN: 1829-5940 Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan E ISSN: 2503-4510 Volume 17, No. 1, Juni 2019,
Facebook, Inc. (2012). Facebook. Adopted from www.wikipedia.com
Hamalik, Oemar. 1996. Media Pendidikan. Bandung : PT Citra Aditys Bakti.
Kabilan, et al. (2010). Facebook: An Online Environment for Learning of English in Institutions of Higher Education? Journal of Research on Internet and Higher Education 13
Kho, M. G., & Chuah, K.-M. (2012). Encouraging ESL Discourse Exchanges via Facebook : A Study on Engineering Students Centre for Language Studies. INNOCONF2012-PPR-18, 34, 44–48.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Nomor 04/KB/2020, Nomor 737 Tahun 2020, Nomor HK.01.08/Menkes/7093/2020, Nomor 420-3987 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Kwan, et al. (2008). Enhancing Learning through Technology: Research on EmergingTechnologies and Pedagogies. London: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.
Mislaiha ( 2015) Using Facebook in Teaching and Learning English, Pusat Pengajian Persediaan & Am, Terengganu Advance Technical Institute University College, Kemaman, Terengganu, Malaysia https://icsai.org/procarch/2icllce/2icllce-92.pdf diunduh tgl 23 Juli 2021
Nurmy AR (2017). Jurnal Pemikiran Pendidikan Pemikiran IslamVol 11, No 1 (2017)
Wang, Chang-hwa and, Chen, Cheng-ping. 2013. Effects of Facebook Tutoring on Learning English as a Second Langauge. Retrieved from :https://eric.ed.gov/?id=ED562299 diunduh tangal 20 Agustus 2021
Wang, J.C., & Chang, C.H. (2013). How daring social ties and product-related risks influence purchase intentions: A Facebook experiment. Electronic Commerce Research and Applications, 12(5), 337-346, doi: 10.1016/j.elerap.2013.03.003.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wikipedia. 2008. Facebook. Tersedia di http://id.wikipedia.org/wi ki/ Facebook.