Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan bagaimana penerapan metode cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Kaur. Permasalahan utama dari konteks penelitian ini adalah adalah masih rendahnya daya serap peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi, yang terlihat dari hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Setelah dilakukan observasi awal untuk mengidentifikasi masalah, hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran yang belum menerapkan student-centered learning. Dalam arti substansial, bahwa proses pembelajaran masih memperlihatkan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya. Indikator kesuksesan penelitian ini yaitu seluruh siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan tindakan selama enam pertemuan yang dibagi menjadi dua siklus, indikator ini berhasil dicapai. 

Keywords

STAD Cooperative Learning Ekonomi

Article Details

How to Cite
Septi, E. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 9 KAUR. TRIADIK, 21(1), 1–25. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i1.22075

References

  1. Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.
  2. Ausebul, D.P. Psychology of Meaningful Verbal Learning. New York: Grune & Stratton.
  3. Buchori, M. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.
  4. Depdiknas. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dikti.
  5. Houlobec, 2001. Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
  6. Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning (terjemahan). Bandung: Nusa Media.
  7. Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. The Essential Elements of Cooperative Learning in the Classroom. Washington, D.C.: ERIC.