Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan penerapan scientific approach. Subjuek penelitian adalah siswa kelas Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bengkulu X IPS 3 yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) dan refleksi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian meunjukkan bahwa penerapan scientific approach dapat meningkatkan hasil siswa. Pada pra siklus tedapat 14 siswa (40%) yang tuntas. Pada  siklus I ketuntasan meningkatkan yaitu sebanyak siswa 18 (52,43%) dengan kategori tuntas. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 31 siswa (88,57%).

Keywords

scientific approach hasil belajar

Article Details

Author Biography

Evi Meiliawati

MA Negeri 1 Kota Bengkulu

How to Cite
Meiliawati, E. (2022). PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 1 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 21(1), 26–35. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i1.22077

References

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
  3. Ghozali, I. (2017). Pendekatan scientific learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. PEDAGOGIG Jurnal Pendidikan. Vol 4 (1)
  4. Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013, tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Komara, E. (2014). Belajar dan pembelajaran interaktif. Bandung: Refika Aditama.
  6. Mahendra, G., R., Widiana, W., Wibawa., M., C. (2021). Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil BelaJar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan pengembangan. Vol 5(2)
  7. Mendikbud. (2014a). Materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014 mata pelajaran matematika SMP/MTs. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.
  8. Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
  9. Rahmi, F. (2017). Penerapan pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 19 Koto tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah. Vol 1(2)
  10. Siswoyo, Dwi, dkk (2008). ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY, 2008