Main Article Content

Abstract

      Kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 membuat orang tua semakin banyak terlibat dalam pendampingan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengukur peran orang tua selama anak belajar dari rumah, dan mengukur tingkat pendampingan belajar anak yang dilakukan orang tua selama masa pandemi. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, dan sampel penelitian sebanyak 40 orang tua peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling, serta analisis data dengan descriptive statics frequencies dan persentase. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan Uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa orang tua memiliki peran sebagai pembelajar anak, pemenuh kebutuhan anak, pemahaman spiritual, pengawasan, motivasi, dan penyedia fasilitas anak. Pendampingan belajar anak terlihat dari cara orang tua membantu kesulitan tugas anak, menjelaskan materi yang tidak dimengerti anak, dan merespon dengan baik semua pembelajaran daring dari sekolah.

       Artikel ini memiliki tujuan yaitu membahas keterlibatan orang tua terhadap pembelajaran anak pada masa pandemi COVID-19. Untuk mengumpulkaninformasi penulis melakukan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa literaturyang membahas mengenai pembelajaran dalam jaringan, peran orang tua dalam pengasuhan, dan peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil utama dari artikel ini adalah menyoroti kebutuhan untuk lebih memahami bagaimana seharusnya orang tua terlibat dan bekerjasama dengan guru agar anak tetap mendapatkan pembelajaran yang optimal di masa pandemi seperti ini. Guru dan orang tua membutuhkan komitmen dan komunikasi yang jelas antarsesama sehingga orang tua memahami capaian yang perlu dikembangkan oleh anak dan program sekolah pun tercapai dengan baik.

Keywords

Peran pendampingan orang tua belajar dari rumah

Article Details

How to Cite
Chairunnisa, C., Yunaika, W., & Luthfia, S. N. (2022). PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING. TRIADIK, 21(1), 36–44. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i1.22213

References

  1. Ekajati, D. W. (2021). Peran Orang Tua dalam Pmbelajaran Pada Masa Pandemi. Febiyanti, A. (2021).
  2. https://www.researchgate.net/publication/354212588_KETERLIBATAN_ORANG_T UA_TERHADAP_PEMBELAJARAN_DARING_ANAK_USIA_DINI_PADA_MA SA_PANDEMI_COVID-19.
  3. Oktifa, N. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring.
  4. Rachmawati, Y. (2021). KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19.
  5. Utami, E. W. (2020). Kendala dan Pran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.