Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terbatasnya LKPD teks editorial berbasis pedagogi genre dan LKPD yang ada baru sebatas LKPD berbasis teks. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) teks editorial berbasis pedagogi genre yang berpedoman pada kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) atau R&D, dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, and Evaluation), namun dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan, dan uji validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu lembar penilaian bahan ajar, lembar analisis kebutuhan bahan ajar guru, Lembar validasi ahli, dan Lembar respon peserta didik. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan oleh penulis yaitu menghasilkan suatu produk bahan ajar berupa LKPD teks editorial yang layak digunakan, hal tersebut dibuktikan pada (1) Bahan ajar yang digunakan guru berkriteria cukup dengan skor 59 dan 56. Kemudian pada tahapan analisis kebutuhan guru mengharapkan bahan ajar yang sistematis dan praktis untuk dikembangkan, (2) Bahan ajar didesain sangat maksimal oleh penulis, (3) Pengembangan LKPD melalui empat tahapan yaitu menentukan KI dan KD, Mendesain sampul, Membuat kerangka LKPD, dan merealisasikan kerangka kedalam bentuk LKPD,  (4) Produk LKPD berkategori sangat valid dengan skor 98,4 dan sangat praktis dengan skor 86.

Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Teks Editorial, Pedagogi Genre.

Abstract

This research is motivated by the limited of editorial text LKPDs based on genre pedagogy and the existing LKPDs are only text-based LKPDs. This study aims to develop a teaching material product in the form of LKPD (Student Worksheet) editorial text based on genre pedagogy guided by the 2013 curriculum.The type of research used is research and development (Research and development) or R&D, by adapting the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, implementation, and Evaluation), but in this research it was carried out in three stages, namely needs analysis, development, and validation testing. The data collection technique used was in the form of a questionnaire, with the research instruments, namely the assessment sheet for teaching materials, the needs analysis sheet for the teacher's teaching materials, the expert validation sheet, and the student response sheet. The results of the research carried out by the author are to produce a product of teaching materials in the form of LKPD editorial texts that are suitable for use, this is evidenced in (1) The teaching materials used by teachers have sufficient criteria with scores of 59 and 56, Then at the stage of needs analysis the teacher expects teaching materials which is systematic and practical to be developed, (2) the teaching materials are designed very maximally by the author, (3) the development of the LKPD goes through four stages, namely determining KI and KD, designing the cover, making the LKPD framework, and realizing the framework into the form of LKPD, (4) product LKPD is categorized as very valid with a score of 98.4 and very practical with a score of 86.

Keywords: LKPD Development, Editorial Text, Genre Pedagogy.

Keywords

Pengembangan LKPD Teks Editorial Pedagogi Genre

Article Details

How to Cite
Andira, R., Arono, A., & Wisman, W. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEKS EDITORIAL BERBASIS PEDAGOGI GENRE KURIKULUM 2013 KELAS XII SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 21(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i1.22545

References

  1. Bellawati. 2018. Dalam A. Fajarani, Membongkar Rahasia Pengembangan Bahan Ajar IPS (hal. 4-5). Depok: Gema Press.
  2. Branch, R.M. 2009. Intructional Design : The ADDIE Approach. New York: SPRINGER.
  3. Diana, dkk. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis Muatan Lokal Teks Cerita Fantasi SMPN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus Vol 5, 3 (https://doi.org/10.33369/jik.v5i3.19222) diakses 2 Februari 2022)
  4. Kosasih. 2016. Jenis - Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
  5. Mahsun. (2020). Pembelajran Bahasa Indonesia Berbasis Teks (Edisi Kedua). Depok: Rajawali Pers.
  6. Nugroho dkk. 2019. Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII SMP Xaverius Tugumulyo. Jurnal KEMBARA Vol. 5, 1 (https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.1-12 diakses 20 Februari 2021)
  7. Nuh, Muhammad. 2013. Menyemai Kreator Peradaban : Renungan Tentang Pendidikan, Agama, dan Budaya. Jakarta: Zaman.
  8. Panggabean, N. H., & Danis, A. 2020. Desain pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  9. Partinem. 2019. Pendekatan Sintesis Pedagogi Genre, Saintifik, CLIL dengan Teknik UMKM2 untuk Mengoptimalkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kritik Essai Sastra Kelas XII SMA 1 Purworejo. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa, Satra, dan Budaya Vol 6, 12 (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6029, diakses 21 April 2021)
  10. Prastowo, Andi. 2016. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  11. Rahman. 2017. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
  12. Setyosari, Punaji. 2020. Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Silvia, Tira. & Mulyani, Sri. (2019). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Hipotenusa Vol. 1, 2 (https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45, diakses 22 oktober 2021), 38-45.
  14. Suryaman dkk. 2018. Bahasa Indoenesia Kelas XII (Edisi Revisi 2018). Jakarta: Kemendikbud.