Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 04 Kota Bengkulu pada materi Pola Bilangan dan Koordinat Kartesius tahun pelajaran 2022/2023, melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 04 Kota Bengkulu Siswa yang berjumlah 32 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2022 sampai dengan 10 Agustus 2022. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik non-tes dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tentang aktivitas siswa (Kualitatif), analisis data hasil belajar (Kuantitatif), dan analisis keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penignkatan hasil belajar pada siklus I dibandingkn sebelum dilakukannya tindakan. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar Siklus II dibandingkan dengan Siklus I. Pada Siklus I skor aktivitas belajar hanya sebesar 22,38% dengan kategori cukup, namun pada Siklus II skor aktivitas sudah pada kategori aktif dengan 27,3%. Hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II juga mengalami peningkatan dari ketuntasan 53,12% menjadi 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 khususnya pada materi Pola Bilangan dan Koordinat Kartesius.

Article Details

How to Cite
Putri, C. S., & Lensy, N. A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 04 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 21(2), 86–94. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i2.26971