Isi Artikel Utama
Abstrak
aktivitas dan
hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model
Problem based Learning
dalam pengelolaan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas
XI MIPA 3
SM
AN
1 Kota Bengkulu yang berjumlah 3
3
orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pada siklus I, aktivitas siswa berada dikategori
cukup aktif
dengan skor
12,5
dan
hasil belajar matematika
memiliki
nilai rata-rata
71,76
dan ketuntasan hasil belajar
klasikal
nya
63,64 %
.
Kemudian meningkat pada siklus II aktivitas siswa menjadi
dikategorikan aktif dengan skor
1
7
,
7
5
dan
hasil belajar matematika siswa
memiliki
nilai rata-ratan mencapai
80,06
dan ketuntasan hasil belajar
klasikal
menjadi
81,82%.
Aktivitas belajar
dan
hasil belajar
peserta didik
mengalami peningkatan
dengan
telah mencapai indikator keberhasilan.
Sehingga
didapatkan bahwa aktivitas
dan
hasil belajar
peserta didik
dapat meningkat melalui model Problem Based Learning
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Arief Nugraha, Saleh Haji

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendid ikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Firmansyah, A., Kosim, K., & Ayub, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 155-160.
- Hanafiah dan Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.
- Kamdi. (2007). Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
- Kunandar, (2011). Langkah Mudah Penelitian Indakan Kelas : Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGarfindo Persada
- Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145.
- Pratomo, K., Suryaningtyas, W., & Suprapti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific Di SMA Muhammadiyah X Surabaya. SNPM (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 131-149.
- Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
- Shobirin. (2016). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.
- Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Sukwantini, S. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Pada Materi Trigonometri di SMA. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 3(2), 173-184.
- Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif .Jakarta: Bumi Aksara
Referensi
Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendid ikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Firmansyah, A., Kosim, K., & Ayub, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 155-160.
Hanafiah dan Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.
Kamdi. (2007). Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Kunandar, (2011). Langkah Mudah Penelitian Indakan Kelas : Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: RajaGarfindo Persada
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145.
Pratomo, K., Suryaningtyas, W., & Suprapti, E. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Scientific Di SMA Muhammadiyah X Surabaya. SNPM (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 131-149.
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Shobirin. (2016). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukwantini, S. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning Pada Materi Trigonometri di SMA. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 3(2), 173-184.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif .Jakarta: Bumi Aksara