Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar matematika materi Pola Bilangan dan Koordinat Cartesius di kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang bejumlah 34 siswa. Data penelitian ini merupakan nilai tes hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan LKPD pada mata pelajaran matematika materi Pola Bilangan dan Koordinat Cartesius. Nilai sesudah tindakan diperoleh dari pemberian soal setelah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan LKPD. Setelah data diperoleh dan dianalisa maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut : Pada siklus I skor rata-rata hasil belajar belajar siswa 66,21% dan ketuntasan belajar klasikal 42,86% dengan 20 dari 34 siswa yang tuntas meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata hasil belajar belajar siswa 89,50% dan ketuntasan belajar klasikal 91,43% dengan 31 dari 34 siswa yang tuntas.

Keywords

problem based learning LKPD hasil belajar matematika

Article Details

How to Cite
Saputra, R. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD). TRIADIK, 21(2), 108–116. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i2.30122

References

  1. Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  2. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Erlita Khoirun Nisa dan Fitria Wulandari. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Self-Confident dan Hasil Belajar Siswa. Proceedings of the ICECRS. Vol. 2, No. 1, Juni 2019.
  4. Firmansyah, A., Kosim, & Ayub, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3):154-159.
  5. Handayani, I.D.A.T., Karyasa, I.W., & Suardana, I.N. 2015. Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMA yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, (Online), Vol. 5, (http://www. pasca.undiksha.ac.id., diakses 1 Juni 2022).
  6. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
  7. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
  8. Maharani, Ervina. 2014. Panduan Sukses Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Simpel, Cepat dan Memikat. Yogyakarta: PARASMU.
  9. Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. 2011. Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(2):1-14.
  10. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  11. Sulastri. 2014. Pembelajaran Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Model Pembelajaran Group Investigation untuk SMA/MA. Probolinggo: Jurnal Pendidikan Sains..
  12. Surati. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Mathematics Education Sigma (JMES). Vol.2, No.1, Februari 2021.
  13. Susilo, A.B., Wiyanti, & Supartono. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berfikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 1(1):12-20.
  14. Trianto, 2012. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  15. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
  16. Vivin Nurul Agustin. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal Of Elementary Education. Vol. 2, No. 1, 2013.