Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 04 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan alat peraga sederhana dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII 4 SMP Negeri 04 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 orang peserta didik. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes akhir siklus. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar peserta didik yaitu pada siklus 1 aktivitas peserta didik berada pada kriteria cukup aktif, sedangkan pada siklus 2 aktivitas peserta didik menjadi aktif. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II yaitu:  72,9; 80,0.

Keywords

Pembelajaran problem based learning alat peraga sederhana hasil belajar matematika

Article Details

How to Cite
Hidayati, L. N., & Yensy, N. A. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII SMPN 04 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 21(2), 117–129. https://doi.org/10.33369/triadik.v21i2.30124

References

  1. Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd. JIPMat, 3(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226.
  2. Dariyah, Nanik.(2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 3 No. 1, April 2020 P-ISSN : 2621-5713, E-ISSN : 2621-5705.
  3. Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Luschei,Thomas F. 2017. 20 Years of TIMSS: Lessons for Indonesia. IRJE | Vol. 1 | No. 1| Year 2017 |ISSN: 2580-5711
  5. Periandani, P. N., Gita, I. N., & Sariyasa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP N 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia Vol. 8 No. 2, Tahun 2019 e-ISSN : 2615-7454
  6. Puspendik. Laporan Hasil Ujian Nasional. Kemendikbud: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2016-2017-2018-2019!smp!capaian_wilayah!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&.
  7. Setyowati, Nining., Susilo, Bambang Eko., &Masrukan. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Kreano 7 (1) (2016): 24-30. p-ISSN: 2086-2334; e-ISSN: 2442-4218.
  8. Tarhan, L.,& Sesen, B.A.2013. Problem Based Learning in acids and Baser: Learning achievements And student’beliefs. Journal of Baltic science education.1648-1652
  9. Telaumbanua, Yamomaha. Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Volume 14, Nomor 4: 709-722 Oktober 2020 | ISSN (P): 1829-7463 ISSN (E): 2716-3083.