Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP dengan penerapan model pembelajaran project based learning . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.F SMPN 5 kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 orang. Instrumen dalam penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase katuntasan hasil belajar peserta didik di tiap siklus mengalami peningkatan yaitu pra siklus sebesar 33,3%, siklus I sebesar 45,5%, siklus II sebesar 66,7%, dan siklus III sebesar 81,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 7 SMP.

Keywords

Project-Based Learning hasil belajar matematika segiempat dan segitiga

Article Details

How to Cite
Sari, R. A., Rahimah, D., & Rahmah, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. TRIADIK, 22(1), 16–25. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33517

References

  1. Arikunto, S. Supardi, & Suhardjono. 2015. Penelitian Tindakan Kelas : Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara
  2. Azizah, A. N & Wardani, N. S. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, vol 2(1), 194-204
  3. Dewi, M. R . (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal UPI, Vol 19 (2), 213-226
  4. Fahlevi, M.R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Sustainable. Vol 5(2), 230-249
  5. Purnomo, H & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta : K-Media
  6. Sari, R.A , dkk. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas VII Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 4(2), 102-111
  7. UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
  8. Widana, I. W & Diartiani, P. A . (2021). Model Pembelajaran Problem Bases Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol X (1)
  9. Zein, M. & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekan Baru : Daulat Riau.