Main Article Content
Abstract
Perkembangan motorik halus menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini karena perkembangan motorik halus sangat dibutuhkan oleh anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Ada 4 alasan pentingnya pengembangan motorik halus pada anak yaitu sosial, akademis, pekerjaan dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia dini melalui mozaik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah 15 anak dengan sampel penelitian yaitu anak kelas B1. Instrumen pengumpulan data pada yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan mozaik diberikan terjadi peningkatan pada kemampuan motorik halus anak Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi setiap pertemuan yang menunjukkan adanya peningkatan pada sertiap siklus dalam pengembangan motorik halus melalui mozaik. Pada siklus I pertemuan 1 didapatkan hasil 20% Pertemuan 2 siklus I memperoleh hasil 33% dan pada pertemuan 3 mendapatkan hasil 40%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 60%. Siklus II pertemuan 1 didapatkan hasil 73% dan pertemuan 3 mendapatkan hasil 87%. Berdasarkan data diaras dapat disimpulkan bahwa melalui mozaik dapat meningkatkan motorik halus anak.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azhar, N., Edi, A., Mulyana, H., & Yusuf, H. (2022). Bagaimana Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Usia 5-6 Tahun ? 6(2), 4164–4170.
- Alifah. 2021. Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Mozaik pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kecamatan Rantau Sarau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
- Beaty. 2013. Observas perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
- Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2018). Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD, 9(2), 226–235. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235
- Kharizmi, H. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKHNIK MOZAIK PADA KELOMPOK A ( 4-5 TAHUN ) DI TK TUNAS HARAPAN KECAMATAN DEWANTARA. 6(2), 10–18.
- Muharrar dan Verayanti. 2013. Kreasi Kolase, Montase dan Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga
- Murni. (2017). Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 2-6 tahun. III, 19–33.
- Nenggolan, R., & Alim, M. L. (2020). Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus. 1(2), 120–124.
- Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
- Permendikbud. (2014). permendikbud 137. 1–31.
- Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 15. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434
- Rosita, Maya. 2018. Penggunaan Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Bayangkari Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri. Skripsi
- Rudiyanto. 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Press Lampung.
- Salam Dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makasar: Badan Penerbit UNM
- Sholichah, Silviana. 2017. Keterampilan Mozaik. Yogyakarta: Indopublika
- Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana
- Sitepu dan Janita. 2016. Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Vol 8. No.2
- Sutapa. 2022. Pengambangan dan pembelajaran motoric pada anak usia dini. Yogyakarta: PT Kanisius
- Suyadi dan Ulfa. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya
- Yoni, Acep. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia
References
Azhar, N., Edi, A., Mulyana, H., & Yusuf, H. (2022). Bagaimana Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Usia 5-6 Tahun ? 6(2), 4164–4170.
Alifah. 2021. Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Mozaik pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Kecamatan Rantau Sarau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Beaty. 2013. Observas perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2018). Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD, 9(2), 226–235. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235
Kharizmi, H. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI TEKHNIK MOZAIK PADA KELOMPOK A ( 4-5 TAHUN ) DI TK TUNAS HARAPAN KECAMATAN DEWANTARA. 6(2), 10–18.
Muharrar dan Verayanti. 2013. Kreasi Kolase, Montase dan Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga
Murni. (2017). Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 2-6 tahun. III, 19–33.
Nenggolan, R., & Alim, M. L. (2020). Analisis Penggunaan Mozaik dari Bahan Kain Perca untuk Peningkatan Motorik Halus. 1(2), 120–124.
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158
Permendikbud. (2014). permendikbud 137. 1–31.
Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 15. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434
Rosita, Maya. 2018. Penggunaan Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Bayangkari Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri. Skripsi
Rudiyanto. 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Press Lampung.
Salam Dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makasar: Badan Penerbit UNM
Sholichah, Silviana. 2017. Keterampilan Mozaik. Yogyakarta: Indopublika
Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana
Sitepu dan Janita. 2016. Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Vol 8. No.2
Sutapa. 2022. Pengambangan dan pembelajaran motoric pada anak usia dini. Yogyakarta: PT Kanisius
Suyadi dan Ulfa. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya
Yoni, Acep. 2012. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia