Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar bahasa Indonesia siswa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dengan jumlah 36 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari  dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dengan lembar observasi keaktifan siswa dan lembar respons  siswa. Data penelitian diolah dengan teknik kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan metode demonstrasi yang memeprhatikan beberapa aspek pendukung (1) pemilihan bahan ajar dengan mempertimbangkan minat belajar siswa; dan (2) penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya, (1) prasiklus nilai 1,7 dalam kategori cukup aktif; (2) siklus I nilai 3,13 dalam kategori aktif; dan (3) siklus II nilai 3, 62 dalam kategori sangat aktif.

Keywords

metode demonstrasi keaktifan belajar Bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Ferdianti, D., Asiah, N., & Arono, A. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 34–49. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33547

References

  1. Attard, Angela, et all. Student Centred Learning, Toolkit for students Staffs, and Higher Education Institution. Education International and the European Student Union, Brussel, Belgia, 2010.
  2. "aktif". KBBI Daring. Web. 15 Jun 2020.
  3. "keaktifan". KBBI Daring. Web. 15 Jun 2020.
  4. "belajar". KBBI Daring. Web. 15 Jun 2020.
  5. Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarakan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal electronics, informatics, and vocational education (ELNIVO). 1 (2), 2016.
  8. Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  9. Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.