Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peseerta didik dalam mengidentifikasi teks drama dengan menerapkan metode problem based learning (PBL). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, (4) refleksi. Pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi teks drama menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 66,7 dengan persentase ketuntasan 46,8% meningkat dengan nilai rata-rata 80,1  dengan persentase 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur drama di kelas VIII A SMPN 11 Kota Bengkulu.

Keywords

Problem Based Learning (PBL) Mengidentifikasi Teks Drama Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Mayangsari , I., Hafrisnaliza, H., & Utomo, P. (2023). Implementasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Mengidentifikasi Unsur Teks Drama Kelas VIII A SMPN 11 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 50–62. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33548

References

  1. Aqib, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  2. Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  3. Depdiknas. (2000) Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
  4. Herminarto Sofyan (2016). “Jurnal pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 di smk Volume 6, No 3”. November.
  5. Hong, C. E. and Lawrence, Salika A. (2011) “Action Research in Teacher Education: Classroom Inquiry, Reflection, and Data-Driven Decision Making”, Journal of Inquiry & Action in Education, 4 (2), pp. 1-17.
  6. Karimulla.Mohammad. (2016). “Upaya Memaksimalkan Pemahaman Siswa Pada Ketentuan Berpakaian Sesuai Dengan Syariat Islam Dengan Menerapkan Metode Resitasi Dan Diskusi Pada Siswa Kelas X. Ips 3 Sman I Tanjung Palas Tahun Pelajaran 2017/2018. ojs.unud.ac.id
  7. Maulidiya, Nida Savira. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta didik ditinjau dari Self Confidence: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  8. Mills, G.E. (2003) Action research: A Guide for The Teacher Researcher, 2nd Ed. Upper Saddle River NJ:Prentice Hall.
  9. Paria,La Ade. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA negeri 3 Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanudin.
  10. Punia, I Wayan. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Universitas Pendidikan Ganesha Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi perbandingan
  11. Perhitungan Manual & SPSS. Kencana.
  12. Soedjiono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Pers.
  13. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (21st ed.).
  14. Alfabeta.
  15. Tim Cain. (2011) “Teachers’ Classroom-based Action Research”, International Journal of Research & Method in Education, 34 (1), pp. 3-16.
  16. Widoyoko, Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Belajar