Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 kota Bengkulu pada materi larutan penyangga. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan etnosains dan bantuan multimedia virtual lab. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 37 peserta didik yang terdiri atas 29 perempuan dan 8 laki - laki.  Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran angket, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisa kuantitatif sederhana yaitu analisis hasil belajar peserta didik, analisis angket minat belajar peserta didik, dan analisis hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata - rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Sedangkan persentase minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 73% meningkat menjadi 86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan multimedia virtual lab dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu pada materi larutan penyangga.

Keywords

Problem Based Learning Virtual Lab Etnosains Minat hasil belajar larutan buffer

Article Details

How to Cite
Adriansyah, R., Amir, H., & Karlisa, I. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Virtual Lab untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 63–82. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33549

References

  1. Fuad, Ihsan. 2011. Dasar – Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta
  2. Hendra, T., & Siti Saputri. (2020). Korelasi antara komunikasi dan pendidikan. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(1) : 51–63.
  3. Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017:1(2): 132-135.
  5. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta
  6. Wulandari, Ade Sintia. 2022. Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(3) : 682 – 689
  7. Nuralita, A., Refianne, F., & Mudzanatun. Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains terhadap Hasil Belajar Siswa. (2020). Mimbar PGDS Undiksh, 8(3), 457-467
  8. Wulandari, Bekti & H.D. Surjono. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-190.
  9. Nurhayati, Liyana, K.S. Martini, & T. Redjeki. 2013. Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Croosword. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(4), 151-158
  10. Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Septiani, I., Lesmono, A. D, & Harimukti, A. (n.d). 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEM pada Materi Vektor Di Kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol. 9 No.2: hal 64 – 70
  12. Hess, S. (2014). Digital Media and Student Learning: Impact of Electronic Books on Motivation and Achievement. New England Reading Associatiion Journal, 49 (2), 35-39.
  13. Arikunto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  14. Arikunto, Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Yanto. 2013. Jadi Guru Yang Jago Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: C.V Andi Offest
  16. Muslimin, dkk. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 8(2) : 22-32
  17. Rahmasari, Riana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 36 Tahun ke – 5
  18. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana