Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian  bertujuan  untuk  mengetahui  cara  penerapan  model  PBL  (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Penelitian ini berlangsung selama 3  bulan dimulai  dari  tahap  persiapan,  pelaksanaan  hingga  pembuatan  laporan  hasil. Adapun jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian   yaitu 27 siswa kelas VII G SMPN 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 pada pembelajaran materi senam lantai roll depan. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap proses pembeajaran yaitu pra siklus 52% siklus 1 mencapai 70% ketuntasan belajar . Lalu pada siklus 2 diperoleh 81% ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah dilakukan penerapan model PBLpengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil peningkatan pembelajaran senam lantai roll depan, pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.

Keywords

Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Elvina, E., Asdiono, A., & Pujianto, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VII G di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 108–120. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33566

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Agus Mahendra (2001). Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: FPOK Amat Jaedun. 2008. Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru Di Propinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY. 2008.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  4. Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajatan Bahasa Ingris. Edukasiana : Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17.
  5. Imam Hidayat (1995). Senam dan Metodik. Departemen P dan K.
  6. Mahendra, A., (2008). Pendekatan Pola Gerak Dominan, Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Depdiknas
  7. Muhajir (2006). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  8. Maryati, Iyam. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia:336.
  9. Maulidiya, Nida Savira. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta didik ditinjau dari Self Confidence: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  10. Ngalimun, (2012), Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
  11. Punia, I Wayan. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Universitas Pendidikan Ganesha.
  12. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
  13. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana
  14. Prenada Media Group. Jakarta.
  15. Yulianti dan Gunawan. 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) : Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis.