Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui penerapan Model Problem Based Learning , siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK atau classroom action research merupakan penelitian yang bersifat aplikasi (terapan), terbatas, segera, dan hasilnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan program pembelajaran yang sedang berjalan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023, sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 38,46% dikategorikan sangat rendah. Sedangkan pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 65,39% dikategorikan meningkat. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 84,62% dikategorikan sangat bagus. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPAS kelas IV SDN 52 Kota Bengkulu.

Keywords

model PBL hasil belajar IPAS

Article Details

How to Cite
Novrizal, F., Nurmali, N., & Resnani, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 121–130. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33567

References

  1. Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Arikunto, Hendro Darmodjo dan R.E. Kaligis. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.
  3. Nurhadi (2004: 100). Pengantar Problem-Based Learning, edisi kedua. Medika: Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta
  4. Riyanto. (2010). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
  5. Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
  6. Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.