Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan penerapan Model Make A Match di kelas III SDN 07 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik serta hasil tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan II sudah meningkat dibandingkan dengan saat pra siklus, dan memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu Keberhasilan aktivitas proses pembelajaran oleh siswa dikatakan baik, apabila setiap observasi siswa dalam setiap siklus semuanya memberikan respon baik dengan keterangan telah dilaksanakan dengan baik serta Nilai rata-rata siswa ≥ 70 dan meningkat setiap siklus sehingga Ketuntasan belajar klasikal tercapai yaitu 89,65%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas III SDN 07 Kota Bengkulu.

Keywords

Make A Match Tematik Aktivitas Respon

Article Details

How to Cite
Inzoni, I., Yulistiawati, Y., & Agusdianita, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 07 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(2), 131–144. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i2.33568

References

  1. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Fatimasari, T. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Tkj Kelas X. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Johnson Dan Rlaing
  4. Hardiansyah Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Selemba Humanka.
  5. Huda, M. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kadir, A. & Hanun
  6. Satori Djam'an & Komariah Aan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  7. Sinar. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
  8. Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Edisi Ke-16). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  9. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  10. Surya. (2007). Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  11. Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  12. Wahyudi, Imam.( 2012). Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya
  13. Wardhani, I. & Kuswaya Wihardit. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Ke- 28).Banten: Universitas Terbuka.
  14. Winarni, E.W., (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.