Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis anak kelompok B setelah diterapkan media sandpaper letters setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tes kemampuan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan penggunaan media sandpaper letters, kemampuan menulis anak siklus I persentase hasil observasi rata-rata yang didapatkan sebesar 61%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 74,90% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis anak kelompok B meningkat dengan menggunakan media pembelajaran sandpaper latter.

Keywords

Menulis Media Sandpaper Latter Anak Kelompok B

Article Details

How to Cite
Supianti, L., Kurniah, N., & Akzaiti, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Latter. TRIADIK, 22(2), 157–165. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i2.33579

References

  1. Aminah, S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membedakan Huruf b, d, dan p melalui Media Sandpaper Letter’s di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 101-107).
  2. Ciptadi, F. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1-11.
  3. Eliana, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Usia Dini Di RA An Nur Gunung Sahari Jakarta Pusat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
  4. Halimah, A. N. (2021). Efektivitas penggunaan media sandpaper letter berbasis Montessori terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di Mojopurno Wungu Madiun (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  5. Meyrina, D. S., Prasetyo, A., & DH, D. P. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Kelompok B Melalui Alat Permainan Roulatte Di Tk Pertiwi Jraganan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Paudia: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).
  6. Miyandra, R., Daswarman, D., & Andrizal, A. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Smk N 1 Koto XI Tarusan. Automotive Engineering Education Journals, 2(4).
  7. Rahmadani, F., Suryana, D., & Sri, H. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56-67.
  8. Rahmawati, E. D., Hajerah, H., & Zainuddin, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Melalui Media Kartu Huruf di Kelompok B TK Pertiwi Nglaban Kab. Nganjuk Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 133-144.
  9. Rosnani, M., Lian, B., & Sari, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(02), 33-44.
  10. Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12-18.
  11. Utami, S. Z. H. D. P., Ratnasih, T., & Nurdiansah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Melalui Media Sandpaper Letters Di Kelompok B2 Ra Al Gozali Bandung. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-10.
  12. Utami, S. Z. H. D. P., Ratnasih, T., & Nurdiansah, N. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf melalui media sandpaper letters di kelompok b2 ra al gozali bandung. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-10.