Main Article Content

Abstract

Abstrak


Artikel ini melaporkan hasil penelitian peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi PhET. Subjek pada penelitian ini adalah 33 peserta didik dari kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dimana pada indikator kemampuan memahami masalah meningkat dari 75,76% meningkat menjadi 100% di siklus II. Pada indikator menyusun rencana penyelesaian mengalami peningkatan dari 51,52% di siklus I menjadi 90,91% di siklus II. Pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian mengalami peningkatan dari 45,45% di siklus I menjadi 84,85% di siklus II. Pada indikator melihat kembali mengalami peningkatan dari 45,45% di siklus I menjadi 84,85% di siklus II.

Keywords

Problem Based Learning Kemampuan Pemecahan Masalah Simulasi PhET

Article Details

How to Cite
Fitriadi, P., Medriati, R., & Sahmid, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik dengan Menerapkan Problem Based Learning Model Berbantuan Simulasi PhET. TRIADIK, 22(2), 166–180. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i2.33581

References

  1. Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. 2020. Five Trends of Education and Technology in a Sustainable Future. Geography and Sustainability I, 93-97.
  2. Çermik, H. 2020. From The Perspectives of High School Students: Difficulties in The Process of Learning Physics. International Journal of Eurasian Education and Culture, Vol. 5, Issue 9.
  3. Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  4. Ifanali. 2014. Penerapan Langkah-langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 2(1): 147-158.
  5. Koponen, I., & Nousiainen, M. 2013. Pre-service physics teachers’ understanding of the relational structure of physics concepts: Organising subject contents for purposes of teaching. International Journal of Science and Mathematics Education, 11(2), 325–357.
  6. N. Zhong, Y. Wang, & V. Chiew. 2010. The Cognitive Process of Human Problem Solving. Cognitive Systems Research, 11, 81-92.
  7. Nurahman, A., Widodo, W., Ishafit, I., & Saulon, B. O. 2019. The Development of Worksheet Based on Guided Discovery Learning Method Helped by PhET Simulations Interactive Media in Newton's Laws of Motion to Improve Learning Outcomes and Interest of Vocational Education 10th Grade Students. Indonesian Review of Physics, 1(2), 37-41.
  8. Nuraini., Maimunah., & Yenita. R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3, No. 1, Juni 2019.
  9. Ratheeswari, K. 2018. Information Communication Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1), S45- S47.
  10. Rahman, Mehadi. 2019. 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64–74.
  11. Sheryl MachMath, John Wallace, & Xiaohong Chi. 2009. Problem-Based Learning in Mathematics: A Tool for Developing Students’ Conceptual Knowledge. The Literacy and Numeracy Secretariat
  12. Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. 2015. Conceptual Problem Solving in High School Physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–13.
  13. Surya, E., Simamora, R. E., & Rotua Sidabutar, D. 2017. Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2), 321–331.
  14. Tursucu, S., Spandaw, J., & Vries, M. J. de. 2020. Search for Symbol Sense Behavior: Students in Upper Secondary Education Solving Algebraic Physics Problems. Research in Science Education, 2131–2157.
  15. Windari, Dwina dan Suherman. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika 3(2): 25-28.