Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN  dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV D SD Negeri 82 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksaanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar 65,38%. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 88,46%. Dari hasil tersebut maka di buatlah judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKN dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar di Kelas IV D SD Negeri 82 Kota Bengkulu”.

Keywords

Model Discovery Learning Peningkatan Hasil Belajar Media Gambar

Article Details

How to Cite
Mayasari, R., Harlena, N., & Dadi, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN dengan Mengunakan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar . TRIADIK, 22(2), 197–208. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i2.33588

References

  1. Abidin, Y. 2014. Desain Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT Refika Aditama
  2. Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
  3. Hayani, I. 2020. Metode Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Rumah Belajar Matematika Indonesia.
  4. Hobri, dkk. (2018). Senang Belajar Matematika Buku Guru. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  6. Idrus L. 2019. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen, 9 (2), 920-935.
  7. Ikklima, B., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas 4 SDN Cukil 01 Kabupaten Semarang Semester II. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 347-353.
  8. Lubis, A.M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2020. Jakarta : KENCANA.
  9. Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065-1072.
  10. Priansa, D.N. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
  11. Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
  12. Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. Urban Green Conference Proceeding Library, 1, 183–190. http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/issue/view/konferensin asionalpendidikan1.
  13. Siyoto, S dan Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
  14. Sudijono, Anas. (2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
  15. Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  16. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  17. Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.