Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa lebih baik pada materi Animalia dalam mata pelajaran Biologi. Penggunaan model PjBL dan pembelajaran literasi digital berbantuan flip HTML Abad-21, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa lebih baik. 31 siswa kelas X MIPA 3 di SMAN 9 Kota Bengkulu adalah subjek penelitian ini. Studi ini dilakukan dalam dua siklus. Perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi adalah langkah-langkah yang terdiri dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL dapat diterapkan dalam pembelajaran literasi digital. Pada Siklus I, peserta didik mencapai hasil belajar IPA rata-rata 74,4 dan ketuntasan belajar 61%. Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 82,2 dan ketuntasan belajar klasikal 90%, dan peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 29%.


 


ABSTRACT


The purpose of this classroom action research was to find out whether student learning outcomes were better on Animalia material in Biology subject. By using the PjBL model and 21st Century Flip HTML digital literacy learning, this study aims to determine whether student learning outcomes are better. 31 students of class X MIPA 3 at SMAN 9 Bengkulu City were the subjects of this study. This study was conducted in two cycles. Planning, implementing actions, observing, and reflecting are the steps that each cycle consists of. The study results show that the PjBL model can be applied to digital literacy learning. In Cycle I, students achieved an average science learning result of 74.4 and 61% mastery. In Cycle II, the class average score was 82.2 the classical learning mastery was 90%, and the increase in learning outcomes from Cycle I to Cycle II was 29%.


Keywords: Flip-HTML, Learning Outcomes, Digital Literacy, PjBL


 

Keywords

Flip-HTML, Hasil Belajar, Literasi Digital, PjBL

Article Details

How to Cite
Sari, P. A., Jumiarni, D., Jumirah, J., & Nugroho, W. (2024). Pengembangan Model Project Pjbl Melalui Pembelajaran Literasi Digital Berbantuan Flip HTML Abad-21 di SMAN 9 Kota Bengkulu. TRIADIK, 23(1), 18–32. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33597

References

  1. Hong, C and Salika, A. 2011. Action Research in Teacher Education: Classroom Inquiry, Reflec- tion, and Data-Driven Decision Making. Jour- nal of Inquiry & Action in Education, 4(2).
  2. Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  3. Prihatini, E., Harahap, F., & Sudibyo, M. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi. Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya 61(4): 379-392
  4. Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi 7(1): 9-21
  5. Huda, M. 2022. Pengaruh Penggunaan E-Modul Berbasis Flip HTML 5 Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pena Karakter 4(2): 1-6
  6. Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. 2019. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimia (TDK) 4(1): 48-56
  7. Irwansyah. 2021. Panduan Komposisi Dasar Tari Kreasi Berbasis Flip HTML5 Terintegrasi Platform Video Online Pada PEmbelajaran Seni Budaya di SMA. Jurnal Seni dan Budaya 5(2): 258-263
  8. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Wartawan, P.G. 2006. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PSE (Pendekatan Starter Eksper- imen) terhadap Minat dan Prestasi Belajar pada Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3 (1).