Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA E pada materi Gerak Harmonis Sederhana yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan metode analisis kualitatif dan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner untuk mengukur minat belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran problem based learning terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar peserta didik meningkat, yaitu dari minat dan aktivitas belajar fisika peserta didik pada siklus I ke siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah Persentase rerata skor minat belajar fisika 74% sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 82%, terjadi peningkatan sebesar 8%. Dibuktikan dengan aktivitas belajar peserta didik siklus I mencapai persentase rerata 71%, sedangkan pada siklus II 86%, terjadi peningkatan sebesar 15%. Penerapan metode problem based learning dalam penelitian ini telah dikatakan berhasil meningkatkan minat dan aktivitas belajar fisika peserta didik.


 ABSTRACT


This study aims to determine the increase in interest in learning physics in class X MIPA E students in Simple Harmonic Motion material using the Problem-Based Learning learning model. The research used is a type of classroom action research with qualitative and quantitative analysis methods, with a total sample of 32 students. The instrument used in this study was a questionnaire to measure interest in learning physics. The results showed that with the problem-based learning model, there was a pleasant learning atmosphere so that the learning outcomes of students increased, namely from the interests and learning activities of students in physics from cycle I to cycle II there was an increase, in cycle I the number of percentages of the average score of interest in learning physics 74%. In comparison, cycle II got a score of 82%, which was an increase of 8%. Evidenced by the learning activities of students in cycle I, reached an average percentage of 71%, while in cycle II, it was 86%, an increase of 15%. Applying the problem-based learning method in this study has increased students' interest and learning activities in physics.


 Keywords: Improvement, Interest in Learning Physics, Problem-Based Learning, PhET Simulation, Simple Harmonic Motion

Keywords

Peningkatan, Minat Belajar Fisika, Problem Based Learning, Simulasi Phet, Gerak Harmonis Sederhana

Article Details

How to Cite
Utami, M. Z., Anggreani, V., & Purwanto, A. (2024). Peningkatan Minat Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Simulasi PhET Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana Kelas X MIPA-E di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu . TRIADIK, 23(1), 33–49. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33598

References

  1. Apriwahyuni, R., Rahma Yunus, S., & Wahyuni, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, Vol 2, No, 89–100. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27386/13616
  2. Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). KESULITAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA SISWA SMA. 53(620), 343–344. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343
  3. Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
  4. Fransiska, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 1 BADUNG. 4, 277–290.
  5. Ginanjar, L. A., & Cholik, M. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Xi Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 04(01), 71–77.
  6. Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 43–46. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14
  7. Kurniasih, V. I., Suherman, A., & Darman, D. R. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, 1(1), 101–107. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/view/9679
  8. Maulidiana, Fitrianawati, M., & Rahya. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 8 Nisam Antara Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosding Pendidikan Profesi Guru, 677–688.
  9. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(2), 333-352.
  10. Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.
  11. Sari, D. P., Achmad, L., & Ahmad, Q. (2013). Uji Coba Pembelajaran IPA dengan LKS sebagai Penunjang Media Virtual PhET pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 1(2), 15–20.
  12. Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969
  13. Sugara, Y. D., Sutopo, & Latifah, E. (2016). Kesulitan Siswa SMA dalam Memahami Gerak Harmonis Sederhana. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, Vol. 01, pp. 506–512.
  14. Sukiman. (2018). Pegembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
  15. Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  16. Syukri, M. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pbl Berbasis Pendekatan Stem Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pencerahan, 14(2), 1693–7775.
  17. Tupalessy, A., Kereh, C. T., & Singerin, S. (2022). Penggunaan Laboratorium Virtual Phet Dalam Model Discovery Learning Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Science Map Journal, 3(2), 47–55. https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue2pp47-55