Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 27 siswa pada materi segiempat dan segitiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu menyatakan ketuntasan belajar untuk (a) individu : jika siswa mendapat nilai   75, (b) klasikal: jika 75% siswa mendapat nilai   75. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus, siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 42,33; 70,46; dan 82,46 serta ketuntasan belajar klasikal pra siklus, siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 14,9% 55,5%; dan 81,5%.


ABSTRACT


A search aimed to improve learners' activity and learning outcomes with the Problem-Based Learning model. This research was a Classroom Action Research. To collect the data, the researcher used test learning result techniques. The subject of this research was a student of class VII D at SMP Negeri 10 Kota Bengkulu in the academic year 2017/2018, with a total number of 27 students in squares and triangles. This research shows that applying the Problem-Based Learning model can improve the results of students' mathematic learning. Based on the 2013 curriculum in SMP N 10, Kota Bengkulu represents learning for a (a) individual if students get a value of 75, (b) classical if 75% of students get grades 75. The improvement of students' learning results can be seen from the average scores in the pra cycle, cycle I, and cycle II in a row, which are 42,33; 70,46, and 82,46Furthermore, the completeness of classical learning in pra cycle I, cycle I, and cycle II in a row are 14,9%, 55,5%, and 81,5%.


Keywords: Learning math Outcomes, Problem-Based Learning

Keywords

Hasil belajar matematika, problem based learning

Article Details

How to Cite
Anggraini, N. P., Muchlis, E. E., & Aryanti , E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Melalui Penerapan Model Problem-Based Learning. TRIADIK, 23(1), 50–60. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33599

References

  1. Arifin, D. Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta.
  2. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Arikunto, S., Supandi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi REvisi (1st ed.; Suryani, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=TCVlSX8fm5&sig=hqgfmO2Oidy2fHe2MSLbD3_5Z_k&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian tindakan kelas&f=false
  4. Dahlia. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik. Pedagog: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14, 59–64.
  5. Komala, T., Sunardi, Muslimin, & Nery, Ri. S. (2022). Hasil Belajar SIswa Meningkat Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 1–9.
  6. Lukito, S., Hanifah, & Maizora, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. 3(3), 293–300.
  7. Mardapi, D., Hadi, S., & Retnawati, H. (2015). Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Berbasis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1).
  8. Pelealu, An. A., Pitoy, C., & Pesik, An. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Matematika Materi Statistik. ADIBA : Journal of Education, 2(2), 253–262.
  9. Prayitno, S. H. (2020). Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII- F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Eduka, 6(2), 158–169.
  10. Pujiati. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmatika Sosial. Pedagogia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14, 1–6.
  11. Rangkuti, C. J. S., & Sukmawati. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika dalam Pembelajaran Daring. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 593–600.
  12. Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar The Application Of Problem-Based Learning ( Pbl ) Model To Improve Students ’ Learning Outcomes Of. 06(20), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
  13. Rohmatullah, Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Analisis Meta : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 06(02), 1558–1567.
  14. Sinaga, D. Y., & Sidabutar, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. (2), 332–339.
  15. Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198
  16. Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.
  17. Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita, Y. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=aWoySN2MSz&sig=pZNcf3dWGfbO5Vb2skjzoLYzXhg&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian tindakan kelas&f=false
  18. Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 1–10. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231