Main Article Content

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan Teaching at the Right of Level Approach (TaRL) dengan model problem based learning berbantuan video animasi pada mata pelajaran IPAS pada peserta didik kelas IVA SDN 50 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, yaitu pada bulan Mei. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN 50 Kota Bengkulu yang terdiri dari 22 peserta didik. Objek penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 68,18% (kategori cukup), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89,65% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 21,47%. Dengan demikian penggunaan menggunakan Teaching at the Right of Level Approach (TaRL) dengan model problem based learning berbantuan video animasi pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVA SDN 50 Kota Bengkulu.


ABSTRACT


This research was designed to improve participant learning outcomes for students using the Teaching at the Right of Level Approach (TaRL) with a problem-based learning model assisted by animated videos in subjects IPAS for class IVA students at SDN 50 Bengkulu City in the academic year 2022023. This type of research is called classroom action research (PTK) design. This research uses the Kemmis and Mc model. Taggart. This research was held in the even semester of the 2022/2023 academic year, namely in May. The subjects of this research were IVA students from SDN 50 Bengkulu City, which consisted of 22 students. The object of research is the learning outcomes of students. Data collection techniques use observation and interviews. Data is analyzed descriptively and presented in the form of tables and graphs. Results research shows an increase in students' learning activeness; in cycle I, it was 68.18% (sufficient category), then in cycle II, it increased to 89.65% (outstanding category). This means an increase of 21.47%. Thus, the use of Teaching at the Right of Level Approach (TaRL) with a video-assisted problem-based learning model Animation in science subjects can improve student learning outcomes in class IVA SDN 50 Bengkulu City.


 


 

Keywords

pendekatan TARL, problem based learning, video animasi, hasil belajar TARL approach, problem-based learning, animated videos, learning outcomes

Article Details

How to Cite
Zoni, H., Yulianti, E., & Dalifa, D. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right of Level Approach (TARL) dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN 50 Kota Bengkulu. TRIADIK, 23(1), 61–73. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33601

References

  1. Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Djamarah, S. B. (2019). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya Usaha Nasional
  4. Hidayati (2020). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program DIIPGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Huda & Miftahul. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sudjana. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsitu
  7. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  8. Winarni, E.W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research And Development (R&D). Jakarta : Bumi Aksara
  9. Winataputra, Udin. S. (2018). Strategi Belajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.