Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar fisika siswa serta aktivitas siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab PhET. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMAN 4 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2023 sampai dengan 12 Mei 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi dan angket minat belajar. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis data tentang aktivitas siswa (deskriptif kuantitatif) dan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan minat belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada aktivitas belajar siswa meningkatkan dengan rerata skor 37 pada siklus I meningkat menjadi 46 pada siklus II. Dan aktivitas mengajar guru yaitu dengan rerata skor 46 pada siklus 1 menjadi 48 pada siklus II. Sedangkan minat belajar siswa dengan persentase sebesar 63,26% pada siklus I meningkat menjadi 73,85% pada siklus 2.


ABSTRACT


This study aimed to increase students' interest in learning physics and student activities by applying the PhET Virtual Lab-Assisted Problem-Based Learning model. The research subjects were 36 students in class X MIPA 4 at SMAN 4 Bengkulu City. This research was conducted from May 5, 2023, to May 12, 2023. This type of research is collaborative classroom action research consisting of two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely (1) planning, (2) implementation, (3) evaluation, and (4) reflection. The research instruments in this study were learning tools consisting of Learning Implementation Plans (RPP) and student Worksheets (LKPD). The data collection instruments used in this study were observation sheets and interest learning questionnaires. The data analysis technique used is data analysis on student activity (quantitative descriptive) and learning interest. The results showed increased student learning activities, teacher teaching activities, and student learning interest in each cycle. Student learning activities increase with an average score of 37 in the first cycle, increasing to 46 in the second cycle. Furthermore, the teacher's teaching activity with an average score of 46 in cycle 1 increased to 48 in cycle II. Meanwhile, students' interest in learning, with a percentage of 63.26% in cycle I, increased to 73.85% in cycle 2.


 

Keywords

Problem-Based Learning Virtual Lab PhET student interest Minat belajar

Article Details

How to Cite
Fortuna, T. D., Putri, D. H., & Septiansyah, R. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa X MIPA 4 di SMAN 4 Kota Bengkulu. TRIADIK, 23(1), 90–100. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33607

References

  1. Ismail S. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.; 2011.
  2. Lisma L, Kurniawan Y, Sulistri E. Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik Fis. 2017;2(2):35–7.
  3. Pratiwi N. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. J Pujangga. 2015;1(2):75–105.
  4. Abdjul T, Ntobuo E. Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. J Pendidik Fis Tadulako Online. 2019;7(3).
  5. Pujiyanti A, Ellianawati E, Hardyanto W. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa MA. Phys Educ Res J. 2021;3(1):41–52.
  6. Purwanto W, Djatmika, Ery Tri R.W.W, Hariyono H. Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. J Pendidik Teor Penelitian, dan Pengemb. 2016;1(9):1700–5.
  7. Arikunto S. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara; 2019.
  8. Widoyoko P. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2012.
  9. Putri, Cindy Samya NAY. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 04 Kota Bengkulu. J TRIADIK. 2022;21(2):86–94.
  10. Putri CS, Yensy NA. Penerapan Model Pembelajaran Poblem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 04 Kota Bengkulu. TRIADIK. 2022;21(2):86–94.
  11. Agustin R, Nurmalina, Noviardila I. Penerapan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. J Pendidik dan Konseling. 2021;3(1).
  12. Rusman. Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua1. Pujiyanti A, Ellianawati E, Hardyanto W. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa MA. Phys Educ Re. Jakarta: Rajawali Pers; 2014.
  13. Fauzia DS, Heryanti AC, Limbong ADW, Angin FYBP–, Mufitdah HN, Sitorus RMD, et al. Penerapan PHET Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPS PTPN IV Bukit Lima Selama Daring. BEST J (Biology Educ Sains Technol. 2021;4(1):133–41.
  14. Wicaksana EJ, Atmadja P, Muthia GA. E-learning Edmodo dengan Model PBL Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. J Pendidik Biol. 2021;12(1):23.
  15. Agustina N, Connie C, Koto I. Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Peta Konsep Pada Konsep Suhu. J Kumparan Fis. 2019;2(2):85–90.