Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA F SMAN 2 Kota Bengkulu pada materi Animalia tahun pelajaran 2022/2023, melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Subjek penilitian ini adalah adalah 36 siswa kelas X MIPA F SMAN 2 Kota Bengkulu. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Intrumen Pengumpulan data yang digunakan adalah Lembar Pengamatan dan Tes hasil Belajar. Teknik digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik analaisis data yang digunakan adalah analisis data hasil belajar (Kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus 1 lebih baik dibandingkan sebelum tindakan. Jika dibandingkan dengan Siklus I, peningkatan juga terjadi pada hasil belajar Siklus II. Dari Siklus I ke Siklus II penguasaan hasil belajar meningkat 61,11 % menjadi 83,33 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat lebih meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas X MIPA F SMAN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023, khususnya pada materi Animalia.


 


ABSTRACT


This research aims to improve the biology learning outcomes of the class. The subjects of this research were 36 students from class X MIPA F SMAN 2 Bengkulu City. The form of research carried out is Classroom Action Research (PTK), which has two cycles. The data collection instruments operated were observation sheets and learning results tests. The techniques used to collect data in this research are test and non-test. The data analysis technique used is learning outcomes data analysis (Quantitative). The research results showed that learning outcomes in cycle 1 were better than before the action. When compared with Cycle I, an increase also occurred in the learning outcomes of Cycle II. From Cycle I to Cycle II, mastery of learning outcomes increased from 61.11% to 83.33%. Based on the results of this research, it was concluded that the use of the Problem-Based Learning (PBL) model can further improve the Biology learning outcomes of class.

Keywords

Biology Learning Results Audio-visual Media Problem-Based Learning Hasil Belajar Biologi Media Audiovisual

Article Details

How to Cite
Susanti, M. A., Santyana, Y., & Ansori, I. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual Kelas X SMA. TRIADIK, 23(1), 123–137. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33608

References

  1. A’la. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta : Diva Press
  2. Agung. 2010. Metodeologi Penelitian Pendidikan. Singaraja : IKIP Singaraja
  3. Arikunto, Suharisimi. 2011. Prosedur Penilitan : Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VII. Jakarta : PT. Rineka Cipta
  4. Aqib, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, DAN TK. Bandung : Yrama Widya
  5. Dayeni, Fitria., S. Irawati., & Yennita. 2017. Upaya meningkatakan motivasi dan hasil belajar model probelem based learning. Diklabio : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1): 29-36
  6. Djahar, Sidik. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  7. Elvira, D. 2020. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Dan Hasil Belajar. Jurnal ilmiah pendidikan dan pemebelajaran, 4(3) : 518
  8. Huda, et al. 2020. Media Animasi Digital Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skill). U press : UNP Press
  9. Lutfiah, Wirka. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Leaning Terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Pendidikan, 3(4) : 5
  10. Isnaini, Rizki. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X SMA Swasta Bina Insani. Jurnal Pendidikan, 6(3) 260-271
  11. Khairani, Mifatahul. 2019. Studi – Meta Analisa Pengaruh Vidio Pembelajran Terhadap Hasil Pemebelajaran Peserta Didik. Journal Biolokus, 2(1) : 164
  12. Mulyani, Arie.,& S. Haji. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning Ntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Kota Bengkulu. Triadik, 21(2) : 77 – 85
  13. Nugroho, A., & Hanik 2015. Implementasi Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mehasiswa Pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi. 9(1) : 41 -44
  14. Nurtanto, M., & Sopyan, H. 2015. Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotorik, Adan Afektif Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(2) :36
  15. Pratowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva press
  16. Syamsidah. 2018. Model Problem Based Learning Mata Kuliah Pengetahun Bahan Makan. Yogyakarta : Budi Utama
  17. Widoyoko, Putro. 2012. Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Yogyakarta : Pusta Pelajar
  18. Wulansari, Bety., N.R Hanok., & A.A. Nugroho. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning Disertai Mind Maping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pda Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1) : 51