Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas VII E di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu melalui penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dengan metode Project Based Learning (PJBL). Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VII E yang memiliki karakteristik yang beragam. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang melibatkan empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tujuh langkah pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui tes yang menilai kemampuan menulis surat pribadi siswa dengan memperhatikan struktur surat, isi surat, dan penggunaan ejaan yang benar. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif. Hasil pretest menunjukkan rendahnya kemampuan menulis surat pribadi siswa. Setelah melalui siklus I, terjadi peningkatan kemampuan menulis dengan tingkat kemampuan yang baik dan cukup. Namun, tingkat kemampuan yang sangat baik belum tercapai. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II, terjadi peningkatan kemampuan menulis surat pribadi siswa. Meskipun belum mencapai tingkat yang sangat baik, peningkatan ini menunjukkan efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dan metode PJBL dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa. Rendahnya kemampuan menulis siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, salah satunya adalah kurangnya daya tarik media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada guru untuk menggunakan metode PJBL dan media pembelajaran berbasis audio visual dalam merancang pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi peserta didik. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi peneliti lain yang tertarik dalam mengembangkan kemampuan menulis surat pribadi siswa melalui media pembelajaran yang variatif dan menarik.


ABSTRACT


This research aims to improve the personal letter-writing skills of 7th-grade students in Class E at SMP Negeri 11 Kota Bengkulu through audio-visual-based learning media with the Project-Based Learning (PJBL) method. The research is conducted as Classroom Action Research (CAR) with two cycles. The research subjects are 31 students in Class E with diverse characteristics. This study employs a CAR design that involves four stages: planning, action, observation, and reflection. Each cycle consists of seven learning steps. Research data is obtained through tests that assess students' ability to write personal letters, considering the letter structure, content, and correct spelling. Data analysis is conducted using quantitative techniques. The pretest results indicate the low ability of students to write personal letters. After going through Cycle I, I saw an improvement in my writing ability, which was a good and satisfactory level. However, the level of excellent ability has yet to be achieved. Therefore, the research is continued with Cycle II. In Cycle II, there is an improvement in students' ability to write personal letters. Although it has yet to reach a highly excellent level, this improvement demonstrates the effectiveness of audio-visual-based learning media and the PJBL method in enhancing students' letter-writing skills. The low writing ability of students is influenced by internal and external factors, one of which is the need for the learning media to be more attractive. This research recommends that teachers use the PJBL method and audio-visual-based learning media to design innovative and enjoyable learning experiences for students. The findings of this research can also serve as a reference for other researchers interested in developing students' letter-writing skills through varied and engaging learning media.

Keywords

penelitian tindakan kelas Audio-visual media classroom action research personal letter writing skills surat pribadi keterampilan menulis Media audio visual

Article Details

How to Cite
Hestuti, T. Y., Hafrisnaliza, H., Utomo, P., & Kurniawan, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII E SMP N 11 Kota Bengkulu dengan Menggunakan Media Audio Visual. TRIADIK, 23(1), 101–112. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33609

References

  1. Cahyani, Dewi. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Teks Surat Pribadi Dan Surat Dinas Smp Negeri Di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan. V-2 Hal 655-666.
  2. Chaer, A. (2010). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Hatmo, Kenang Tri. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten: Lakeisha
  4. Jawariah. (2013). Implementasi Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Wilayah I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan. V-5 Hal 56-70.
  5. Mahadjani, Ratna. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Melalui Teknik Pelatihan Pada Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 2 Marisa. Jurnal Ideas Publishing. P-ISSN 2442-367x
  6. Nurdin, S. Dan Andrianto. (2016). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
  7. Rukminingsih, Dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Sleman : Erhaka Utama
  8. Yule, G. (2014). The Study Of Language. Cambridge: Cambridge University Press.