Main Article Content

Abstract

Kreativitas menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini karena kreativitas sangat dibutuhkan agar nantinya anak dapat menjadi individu yang kreatif dan mampu melihat suatu masalah dari berbagai arah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting. Jenis penelitian  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah 15 anak dengan sampel penelitian yaitu anak kelompok B6. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan finger painting diberikan terjadi peningkatan pada kreativitas anak. Hal ini dibuktikan pada akhir siklus I didapatkan  hasil 58,6%  dan pada akhir siklus II didapatkan hasil 80,6%. Maka dari capaian keberhasilan yang ditargetkan sebanyak 75% dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak.


ABSTRACT


Creativity is an important aspect that needs to be developed in early childhood because creativity is needed so that later children can become creative individuals and see a problem from various directions. This study aims to increase the creativity of early childhood through finger painting activities. The type of research used was classroom action research (CAR) conducted at Pertiwi 1 Kindergarten, Bengkulu City. The population of this study was 15 children, with the research sample being group B6 children. The data collection instrument used by researchers is an observation sheet. The data analysis used is quantitative data analysis. The research results show that after the finger painting activity is given, there is an increase in children's creativity. This was proven at the end of cycle I; the result was 58.6%, and at the end of cycle II, the result was 80.6%. From the targeted success of 75%, finger painting activities can increase children's creativity.


 

Keywords

Creativity Finger Painting Kreativitas

Article Details

How to Cite
Indriyani, M., Suryadi, D., & Puspasari, E. (2024). Penerapan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelompok B6 TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. TRIADIK, 23(1), 113–122. https://doi.org/10.33369/triadik.v23i1.33611

References

  1. Aini, Nurul, dkk. 2018. Montase dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  3. . 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  5. Ilhamuddin dan Muallifah. 2001. Psikologi Anak Sukses. Malang: UB Press.
  6. Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  7. . 2014. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  8. Pamilu, Anik. 2007. Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
  9. Windyariani, Sistiana. 2019. Pembelajaran Berbasis Konteks & Kreativitas. Yogyakarta: Deepublish.